IMPLEMENTASI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERORIENTASI URUTAN SEBAB AKIBAT DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMK ANGKASA 2 MARGAHAYU TAHUN PELAJARAN 2020/ 2021

Tanti Dwi Suryaningrum, NPM : 188090016 (2021) IMPLEMENTASI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERORIENTASI URUTAN SEBAB AKIBAT DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMK ANGKASA 2 MARGAHAYU TAHUN PELAJARAN 2020/ 2021. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
jurnal tesis Tanti Dwi S. MPBI Angk 8.docx

Download (291kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi berorientasi urutan sebab akibat dengan menggunakan model Example Non Example, serta dampaknya terhadap kemampuan berpikir kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mix method) tipe embedded. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Angkasa 2 Margahayu, Bandung. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa lembar observasi dan lembar soal pretest, posttest, dan LKPD. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) proses model Example Non Example memberikan hasil yang lebih baik terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi berorientasi urutan sebab akibat serta berdampak positif terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik; (2) kemampuan menulis teks eksplanasi berorientasi urutan sebab akibat peserta didik yang menggunakan model Example Non Example mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya dengan peningkatan kemampuan rata-rata dari 34,96 menjadi 74,30; (3) kemampuan menulis teks eksplanasi berorientasi urutan sebab akibat peserta didik yang menggunakan model Example Non Example lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model konvensional dengan hasil perbedaan kemampuan rata-rata menulis pada tes akhir, yaitu sebesar 74,30 berbanding dengan 49,40; (4) kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model Example Non Example lebih baik dibanding peserta didik yang menggunakan model Konvensional dengan hasil perbedaan kemampuan rata-rata berpikir kreatif, yaitu 73,61 berbanding dengan 55,96; dan (5) penerapan model Example Non Example dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi berorientasi urutan sebab akibat memiliki dampak positif terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, dengan peningkatan rata-rata 73,61. Kata Kunci: Menulis Teks Eksplanasi, Model Example Non Example, Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 25 May 2021 06:55
Last Modified: 25 May 2021 06:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51952

Actions (login required)

View Item View Item