PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NILAI PELANGGAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS NAGRAK

MARSHA FARASANNIA, NPM: 208020160 (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP NILAI PELANGGAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS NAGRAK. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI-MARSHA.doc

Download (67kB)

Abstract

Pelayanan kesehatan sangat dibutuhkan oleh masyarakat sehingga perlu diimbangi dengan pengembangan penyedia pelayanan kesehatan. Pengembangan penyedia pelayanan kesehatan berperan penting dalam menentukan kepuasan atas pelayanan. Puskesmas yang tidak mampu memberikan kualitas pelayanan yang prima akan kehilangan nilai pelanggan yang berujung pada ketidakpuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap nilai pelanggan dan dampaknya terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Nagrak. Penelitian ini melibatkan 100 pasien BPJS di Puskesmas Nagrak yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap nilai pelanggan sebesar 40,4%, dan kualitas pelanggan bersama dengan nilai pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien sebesar 70,7%. Selain itu, pengaruh langsung kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien lebih kecil bila dibandingan pengaruhnya terhadap kepuasan pasien melalui nilai pelanggan. Kata kunci : kualitas pelayanan, nilai pelanggan, kepuasan pasien

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 22 May 2021 02:19
Last Modified: 22 May 2021 02:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51945

Actions (login required)

View Item View Item