PENGARUH METODE PENGUKURAN INTELLECTUAL CAPITAL BERBASIS PASAR DAN NILAI TAMBAH TERHADAP KINERJA PASAR DAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2018)

Amanda Denaneer Purwanto, 164020185 and Dr. H. Atang Hermawan, SE.,MSIE,AK, Pembimbing (2021) PENGARUH METODE PENGUKURAN INTELLECTUAL CAPITAL BERBASIS PASAR DAN NILAI TAMBAH TERHADAP KINERJA PASAR DAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2018). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I AMANDA DENANEER PURWANTO.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III AMANDA DENANEER PURWANTO.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II AMANDA DENANEER PURWANTO.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bentuk intellectual capital saat ini banyak dimanfaatkan oleh perusahaan. Dengan adanya intellectual capital tersebut, perusahaan akan mendapatkan tambahan keuntungan atau kemampuan proses usaha serta memberikan perusahaan suatu nilai. Hal ini dapat dilihat dari kinerja pasar dan kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pengukuran intellectual capital terhadap kinerja pasar dan kinerja keuangan perusahaan. Kinerja pasar diproksikan dengan price to book value (PBV) dan kinerja keuangan perusahaan diproksikan dengan return on assets (ROA). Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2013 – 2018. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang diperoleh 16 perusahaan. Penelitian ini menggunakan partial least square untuk menganalisi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intellectual capital berbasis pasar (MBIC) berpengaruh signifikan terhadap kinerja pasar, namun intellectual capital berbasis nilai tambah (VAICTM) tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pasar. Selanjutnya, kinerja keuangan perusahaan yang diproksikan dengan ROA menunjukkan bahwa intellectual capital berbasis pasar (MBIC) berpengaruh signifikan terhadap ROA, begitu pula dengan intellectual capital berbasis nilai tambah (VAICTM) berpengaruh signifikan terhadap ROA. Kata kunci: intellectual capital, metode berbasis pasar, VAICTM, kinerja pasar, kinerja keuangan perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 29 Apr 2021 04:14
Last Modified: 29 Apr 2021 04:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51864

Actions (login required)

View Item View Item