PENGARUH MODEL KOOPERATIF THINK-TALK-WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP SALMAN AL FARISI BANDUNG

NIA KURNIATI SAPARI, NPM. 168090032 (2021) PENGARUH MODEL KOOPERATIF THINK-TALK-WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP SALMAN AL FARISI BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Abstract English AJT.docx

Download (13kB)
[img] Text
Abstrak AJT.docx

Download (14kB)
[img] Text
COVER Artikel Jurnal Tesis.docx

Download (37kB)
[img] Text
Daftar pustaka Jurnal.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik kelas VIII dalam menulis teks eksposisi dan berpikir kritis. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksposisi dan berpikir kritis adalah model think-talk-write. Secara umum, penelitian ini dilakukan untuk mendeskrispsikan, antara lain perbedaan kemampuan menulis teks eksposisi di kelas eksperimen yang menggunakan model kooperatif think-talk-write dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran ekspositori serta perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritisnya. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian control group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Salman Al Farisi Bandung. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel penelitian kelas VIII-A dan VIII-D. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberi perlakuan model think-talk-write. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata prates kemampuan menulis teks eksposisi untuk kelompok eksperimen adalah 62,28 dan kemampuan berpikir kritis adalah 60,95. Nilai rata-rata pascates untuk kelompok eksperimen adalah 68,52 dan kemampuan berpikir kritis adalah 66,04. Data hasil prates dan pascates kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol berdistribusi normal dan bersifat homogen dengan tingkat signifikansi sebesar 95%. Berdasarkan hasil penghitungan dapat disimpulkan bahwa model Think-Talk-Write dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi dan berpikir kritis. Kata kunci: berpikir kritis, menulis teks eksposisi, think-talk-write

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 28 Apr 2021 06:59
Last Modified: 28 Apr 2021 07:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51860

Actions (login required)

View Item View Item