Aulia Dewi Ratnasari, 172040071 (2021) PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK MAKARIZO HAIR ENERGY SHAMPOO DI PT AKASHA WIRA INTERNATIONAL TBK JAKARTA SELATAN. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN AULIA-converted.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK 3 BAHASA AULIA-converted.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
2. SKRIPSI AULIA BAB 1 mau pdf Copy-converted.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
3. DAFTAR PUSTAKA AJA-converted.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
2. SKRIPSI AULIA BAB 2 OK mau pdf Copy-converted.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
2. SKRIPSI AULIA BAB 3 OK mau pdf Copy-converted.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER SKRIPSI AULIA-converted.pdf Download (32kB) | Preview |
Abstract
PT Akasha Wira Internatinal Tbk merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang industri salah satunya kosmetika. PT Akasha Wira International Tbk memulai produksi kosmetika perawatan rambut dengan merek Makarizo di tahun 2010 dengan melakukan pembelian mesin produksi dan perlengkapannya milik PT Damai Sejahtera Mulia. Dengan pembelian aset tersebut, perusahaan secara resmi mulai melaksanakan bisnis kosmetika perawatan rambut. Salah satunya merupakan produk perawatan rambut Makarizo Hair Energy. Terdiri dari empat produk yaitu Makarizo Hair Energy Shampoo, Creambath, Easy Straight (Pelurus Rambut), dan Hair Scentsations (Parfum Rambut). Pada PT Akasha Wira International Tbk ditemukan masalah yaitu kurangnya minat beli pada produk Makarizo Hair Energy Shampoo yang berdampak pada penurunan volume penjualan di perusahaan, hal ini dikarenakan harga shampoo yang sedikit lebih tinggi membuat konsumen Makarizo Hair Energy Shampoo beralih menggunakan produk kompetitor sejenis yang lebih menarik perhatian konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, dan wawancara. Kuesioner disebarkan kepada konsumen Makarizo Hair Energy Shampoo khususnya wanita di Indonesia yang biasa melakukan transaksi E-Commerce sebanyak 60 responden, sehingga teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus fungsi waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui Harga pada produk Makarizo Hair Energy Shampoo di PT Akasha Wira International Tbk berada pada taraf yang baik, namun Harga yang diberikan belum optimal, sehingga hal ini berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Hasil pengujian statistrik diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada produk Makarizo Hair Energy Shampoo di PT Akasha Wira International Tbk yaitu ditujukan dengan persamaan regresi Y = 3,695 + 1,106 X, artinya apabila harga yang diberikan kepada pasar kurang optimal maka Keputusan Pembelian Konsumen akan menurun. Nilai koefisien korelasi adalah 0,967 dan koefisien determinasi adalah 93,6%. Dengan demikian Harga mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen sebesar 93,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh hal lain yang tidak diteliti seperti Daftar Harga, Diskon, Potongan Harga Khusus, dan Periode Pembayaran. Hambatan-hambatan yang dihadapi PT Akasha Wira International Tbk adalah harga Makarizo Hair Energy Shampoo sedikit lebih tinggi dan kurang menarik perhatian konsumen dibandingkan produk kompetitor sejenis karena konsumen dapat dengan mudah membandingkan suatu nilai atau harga produk shampoo sejenis dengan hasil yang sama kepada konsumen yang membelinya. Kata Kunci: Harga, Keputusan Pembelian Konsumen
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2017 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 06:00 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 06:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51770 |
Actions (login required)
View Item |