Shefira Ghaida, NPM. 188060016 (2021) Pengaruh Implementasi Pembelajaran Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
Jurnal Shefira Ghaida 188060016 MPM 18.docx Download (88kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman matematis dengan memperhatikan tingkat habit of mind siswa melalui pendekatan Rigorous Mathematical Thinking. Penelitian ini penelitian eksperimen dengan Quasi Eksperimental Design dan menggunakan desain factorial 3 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Telukjambe 2020/2021. Sampel yang digunakan 2 kelas, dimana 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman matematis, skala sikap habit of mind, observasi dan wawancara. Data yang digunakan untuk menguji perbedaan dua rerata adalah uji-t, anova dua jalur dan korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan pengaruh implementasi pembelajaran pendekatan rigorous mathematical thinking dan pendekatan konvensional terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa, 2) tidak terdapat perbedaan pengaruh tingkat habit of mind terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa, 3) tidak terdapat pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran dan tingkat habit of mind terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa, 4) tidak terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis siswa dengan tingkat habit of mind. Kata kunci: habit of mind, kemampuan pemahaman matematis, pendekatan Rigorous Mathematical Thinking
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2021 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 04:03 |
Last Modified: | 20 Apr 2021 04:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51675 |
Actions (login required)
View Item |