STUDI META-ANALISIS PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP

Yunita Anggraeni, NPM. 188060060 (2021) STUDI META-ANALISIS PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel_MetaAnalisis_PBL_YunitaAnggraeni.docx

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengaruh problem-based learning terhadap keterampilan matematis siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analisis terhadap 33 artikel hasil penelitian ilmiah yang memenuhi kriteria inklusi. Instrumen yang digunakan adalah dalam bentuk pengkodean (coding). Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan perangkat lunak Comprehensive Meta Analysis V3. Penelitian meta-analisis ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan pengaruh penerapan problem-based learning terhadap keterampilan matematis siswa SMP memperoleh nilai effect size 0,983 dengan kategori efek tinggi. Hasil penelitian lain, effect size penerapan problem-based learning berdasarkan jenis keterampilan matematis lebih berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif dengan nilai effect size 1,214 kategori efek sangat tinggi. Berdasarkan kelas studi lebih berpengaruh pada kelas IX dengan nilai effect size 1,076 kategori efek tinggi. Temuan lain bahwa berdasarkan ukuran sampel kelas eksperimen lebih berpengaruh pada ukuran sampel ≤ 30 dengan nilai effect size 1,132 kategori efek sangat tinggi, sedangkan penelitian yang dipublikasikan pada rentang tahun 2018-2020 lebih berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan matematis dibandingkan pada rentang tahun 2014-2017 dengan nilai effect size 0,899 kategori efek tinggi. Kata Kunci: effect size, Keterampilan Matematis, Meta-Analisis, problem-based learning.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 20 Apr 2021 03:32
Last Modified: 20 Apr 2021 03:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51674

Actions (login required)

View Item View Item