PERLINDUNGAN SOSIAL BAGI PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) PURNA MELALUI KOMUNITAS KELUARGA BURUH MIGRAN (KKBM) DI KABUPATEN PURWAKARTA

Yuniarti Rohmah, 162020048 (2021) PERLINDUNGAN SOSIAL BAGI PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) PURNA MELALUI KOMUNITAS KELUARGA BURUH MIGRAN (KKBM) DI KABUPATEN PURWAKARTA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB III Yuniarti Rohmah.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Yuniarti Rohmah.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Yuniarti Rohmah.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Skirpsi Yuniarti Rohmah.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Yuniarti Rohmah.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Yuniarti Rohmah.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Yuniarti Rohmah.pdf

Download (654kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perlindungan Sosial Bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) Purna Melalui Komunitas Keluarga Buruh Migran (KKBM) di Kabupaten Purwakarta”. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk program perlindungan sosial bagi PMI Purna, sistem pelaksanaan perlindungan sosial bagi PMI Purna, hambatan dan pendorong perlindungan sosial bagi PMI Purna, dan implikasi praktis pekerjaan sosial dalam terwujudnya perlindungan sosial bagi PMI Purna. Metode yang digunakan dalam penilitian menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi non partisipasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program perlindungan yang diberikan oleh KKBM kepada PMI dimulai dari perlindungan sebelum bekerja, selama bekerja, dan setelah bekerja. Sistem pelaksanaan yang diberikan untuk memberikan perlindungan tersebut dimulai dari pemetaan, pemberian layanan informasi, layanan migrasi, serta mediasi dan advokasi. Adapun hambatan pada komunikasi dan penempatan, serta pendorong yang berasal dari kebutuhan ekonomi dan keinginan sendiri. Ada pula peran-peran yang dilakukan oleh KKBM adalah sebagai mediator, advokat, fasilitator, dan pendidik. Rekomendasi ditujukan kepada BNP2TKI dan BP3TKI untuk terus melaksanakan dan memberikan perlindungan kepada para Pekerja Migran Indonesia (PMI). Kata kunci: Perlindungan sosial, Pekerja Migran Indonesia (PMI) Purna, Komunitas Keluarga Buruh Migran (KKBM).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2016
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 20 Apr 2021 01:38
Last Modified: 20 Apr 2021 01:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51672

Actions (login required)

View Item View Item