MARLINA, NINA (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELECTUALLY, REPETITION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstract.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
7. Bab 1.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
8. Bab II.pdf Download (316kB) | Preview |
|
Text
9. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
||
Text
10. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
||
Text
11. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
Text
12. Daftar Pustaka.pdf Download (76kB) | Preview |
Abstract
Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat membuat proses belajar menjadi monoton dan mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh karena itu dalam pembelajaran matematika perlu adanya sebuah perubahan cara belajar yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Salah satu model pembelajaran yang bisa mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah Auditory, Intelectually, Repetition (AIR). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; Self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; korelasi antara kemampuan komunikasi matematis siswa dengan Self-efficacy siswa yang menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition). Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitaif. Desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimen kelompok kontrol pretes dan posttest yang melibatkan dua kelompok. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Darun Nasya Lembang. Sampel yang akan diambil adalah dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol dengan pengelompokan random atau acak. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 2) Selfefficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa. 3) Terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis siswa dan self-efficacy siswa yang memperoleh model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition). Kata Kunci: Kemampuan Komunikas Matematis, Self-efficacy dan model pembelajaran Auditory, Intelectually, Repetition (AIR)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2020 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 27 Mar 2021 02:58 |
Last Modified: | 27 Mar 2021 02:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51055 |
Actions (login required)
View Item |