ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP)

NURKHOIRUNNISA, INTAN (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstract.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab II.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
9. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
10. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
11. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan peserta didik dalam berpikir tentang sesutau dengan cara baru dari suatu permasalahan matematika melewati langkah-langkah yang tidak rutin. Dengan berpikir kreatif peserta didik dapat melakukan berbagai hal untuk menyelesaikan permasalahan matematika dari sudut pandang yang berbeda-beda. Kemudian, selain kemampuan berpikir kreatif matematis yang dianggap penting kemampuan afektif juga penting dan harus dimiliki oleh peserta didik salah satunya yaitu Self-concept. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis adalah model pembelajaran MMP (Missouri Mathematics Project). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui : Menganalisis bagaimana konsep kemampuan berpikir kreatif dan Self-concept; Menganalisis bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP); Menganalisis hubungan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dengan Selfconcept. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik penelitian yang digunakan yakni Editting, Organizing, dan Finding. Analisis data yang digunakan berupa deduktif, induktif, dan komperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan suatu kemampuan berpikir tentang sesuatu dengan cara baru dengan menggunakan langkah-langkah yang tidak rutin. Lalu adapun Self-concept merupakan kemampuan peserta didik dalam mengepresikan dirinya secara berani dan percaya diri dalam menghadapi suatu permasalahan. (2) Model pembelajaran Missouri Mathematics Project memiliki dampak positif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, (3) Terdapat keterkaitan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dengan Self-concept peserta didik. Dapat diartikan bahwa semakin tinggi Self-concept yang dimiliki peserta didik maka akan semakin berkembang kemampuan berpikir kreatif matematisnya. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self-concept, Model Missouri Mathematics Project (MMP)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2020
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Mar 2021 02:53
Last Modified: 27 Mar 2021 02:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51054

Actions (login required)

View Item View Item