PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KREDITUR DAN DEBITUR DALAM PERJANJIAN KREDIT PERBANKAN DENGAN HAK TANGGUNGAN DIHUBUNGKAN DENGAN LELANG MELALUI PARATE EKSEKUSI DALAM PERKEMBANGAN EKONOMI INDONESIA

Rasman Habeahan, NPM : 139030010 (2021) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KREDITUR DAN DEBITUR DALAM PERJANJIAN KREDIT PERBANKAN DENGAN HAK TANGGUNGAN DIHUBUNGKAN DENGAN LELANG MELALUI PARATE EKSEKUSI DALAM PERKEMBANGAN EKONOMI INDONESIA. Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Rasman Habeahan.docx

Download (54kB)

Abstract

Adanya proses lelang eksekusi langsung ke KPKNL dan ke Pengadilan menyebabkan terjadinya tumpang tindih pengaturan proses lelang eksekusi hak tanggungan, dikarenakan kreditur dapat mengajukan permohonan eksekusi hak tanggungan ke KPKNL dan dapat juga diajukan ke Pengadilan Negeri. Banyak timbul perlawanan/gugatan/bantahan dari pihak debitur/pemilik jaminan yang pada umumnya gugatan adalah mengatakan lelang eksekusi hak tanggungan berdasarkan Pasal 6 UUHT, Pelaksanaan eksekusi hak tanggungan melalui Pasal 14 UUHT menunjuk pada Hukum Acara Perdata Pasal 224 HIR/258 RBg, yang diajukan ke Pengadilan Negeri bukan ke langsung ke KPKNL. Lelang melalui parate eksekusi demi hukum dilaksanakan berdasarkan kepada Pasal 6 UUHT seperti di negara Belanda, sehingga perlu dilakukan pembaharuan hukum atas pelaksanaan lelang eksekusi hak tanggungan dengan merubah substansi pengaturan pada Pasal 26 Jo. Pasal 14 UUHT yang selama ini lelang eksekusi hak tanggungan masih dapat diselesaikan melalui Pengadilan Negeri. Kata Kunci : Perjanjian Kredit, Hak Tanggungan, Parate Eksekusi.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Hukum 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 26 Mar 2021 06:02
Last Modified: 26 Mar 2021 06:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51051

Actions (login required)

View Item View Item