Endah Resmiati, NPM. 179020003 (2021) PENGUATAN KELEMBAGAAN TEACHING FACTORY BERBASIS POTENSI WILAYAH PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI PROVINSI BANTEN. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
ABSTRAK bu Endah.docx Download (15kB) |
|
Text
Jurnal Endah Resmiati.docx Download (475kB) |
Abstract
Provinsi Banten merupakan penyumbang pengangguran tertinggi di Indonesia, dengan tingkat pendidikan pengangguran adalah lulusan Sekolah Menengah Kejuran. Hal tersebut menjadi ironis karena hampir seluruh Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi Banten telah melaksanakan program teaching factory yang ditujukan sebagai salah satu solusi untuk mengentaskan pengangguran di Provinsi Banten. Penelitian ini fokus dan bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis faktor faktor yang menyebabkan pelaksanaan teaching factory berbasis potensi wilayah pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya dalam kelembagaan dengan menggunakan teori penguatan kelembagaan Grindle (1997), serta merumuskan strategi penguatan kelembagaan program teaching factory. Metode yang digunakan adalah metode penelitian campuran, yaitu pendekatan kualitatif dan ditambah dengan kuantitatif menggunakan Analitycal Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian menunjukan bahwa teaching factory SMK di Provinsi Banten tidak efektif karena unsur individu, organisasi dan sistem dalam penguatan kelembagaannya tidak maksimal. Dalam penelitian ini juga ditemukan novelty berupa faktor lain yang mempengaruhi penguatan kelembagaan teaching factory SMK di Provinsi Banten yaitu faktor anggaran dan teknologi. Selain itu penelitian ini juga berhasil merumuskan strategi dengan menentukan skala prioritas penguatan kelembagaan. Kata kunci: Penguatan kelembagaan, Teaching Factory, Sekolah Menengah Kejuruan
Item Type: | Thesis (Disertasi(S3)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2021 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 09:52 |
Last Modified: | 18 Mar 2021 09:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51020 |
Actions (login required)
View Item |