Thias Shulistya Putri, 165060022 (2021) PENGGUNAAN MEDIA BENDA MANIPULATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTARCT.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (196kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan pelajaran yang berisi materi-materi atau ide-ide yang hubungannya diatur dengan logika dan bersifat abstrak, maka sebagian orangtua siswa mengatakan bahwa matematika adalah mata pelajaran yang masih dianggap sulit dipahami oleh siswa, dengan demikian diperlukan metode belajar yang membuat siswa merasa senang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui skenario dan implementasi penggunaan media benda manipulatif, kemudian untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap penggunaan media manipulatif dan selanjutnya untuk mengetahui kesulitan yang alami siswa dalam pembelajaran matematika. Metode yang gunakan dalam penelitian ini adalah metode yang bersifat penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan menemukan, menggali dan mengumpulkan data-data yang relevan yang berhubungan dengan tema yang akan dibahas. Data tersebut dapat diperoleh melalui buku, jurnal, artikel, dokumen dan lain sebagainya. Hasil penelitian menunjukan skenario dan implementasi penggunaan media benda manipulatif pada umumnya relative sama mulai dari menjelaskan materi yang akan disampaikan, menjelaskan media manipulatif yang akan digunakan dalam pembelajaran, menjelaskan fungsi media manipulatif yang digunakan, menjelaskan langkah penggunaan media manipulatif yang digunakan kemudia siswa menyelesaikan masalah dengan cara mereka sendiri dan bereksplorasi dengan media manipulatif. Selanjutnya diketahui bahwa sebagian besar guru dan siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan media benda manipulatif dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Nemun demikian masih ditemukan kesulitan yang terjadi pada siswa dalam pembelajaran matematika yang viii disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran dan minat siswa terhadap mata pelajaran pelajaran matematika masih rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media benda manipulatif terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika, maka penerapan media pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar terutama pada pelajaran matematika. Kata kunci: Media Benda Manipulatif, Hasil Belajar Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2020 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 16 Mar 2021 06:43 |
Last Modified: | 16 Mar 2021 06:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51016 |
Actions (login required)
View Item |