PERENCANAAN DAN PEMILIHAN TEKNOLOGI PADA INDUSTRI PENGOLAHAN CUMI-CUMI SEBAGAI DASAR RANCANG BANGUN INDUSTRI (STUDI KASUS : WILAYAH PANTAI INDRAMAYU)

Indra Mulya Julianda, 153010016 and CHEVY HERLI SUMERLI, DS (2021) PERENCANAAN DAN PEMILIHAN TEKNOLOGI PADA INDUSTRI PENGOLAHAN CUMI-CUMI SEBAGAI DASAR RANCANG BANGUN INDUSTRI (STUDI KASUS : WILAYAH PANTAI INDRAMAYU). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Indra Mulya Julianda_153010016_Teknik Industri.pdf

Download (452kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Permasalahan teknologi dan alat yang mendukung perkembangan dalam usaha pengolahan ikan khususnya pengolahan pengasinan cumi – cumi di daerah Indramayu belum semua diungkap. Pemilihan teknologi dan alat yang cocok serta ekonomis yang membantu dalam penambahan nilai pengolahan cumi – cumi pengasinan yang mengetahui dari sisi kandungan teknologi yang cocok untuk digunakan. Berdasarkan permasalahan tersebut, Metode pendekatan empat fase asesmen kebutuhan yang meliputi fase menentukan produk, fase eksplorasi, fase pengumpulan dan analisis data dan fase terkhir pembuatan keputusan. Metode pada fase pertama survey kondisi lapangan, mengetahui informasi komoditas terpilih. Fase kedua mengungkap lebih jauh tentang penggunaan alat dan teknologi dalam pengolahan pengasinan cumi – cumi, kandungan teknologi beserta aliran proses. Fase ketiga ialah mengumpulkan data untuk keperluan metode empat fase asesmen kebutuhan, diantaranya melakukan agregasi dan identifikasi aliran proses. Fase empat mengidentifikasi masalah pengasinan cumi – cumi yang terdapat di kabupaten Indramayu tepatnya Desa Eretan Jawa Barat, serta mengidentifikasi akar masalah hingga mendapatkan solusi alternatif. Saat ini pelaku usaha yang terdapat di Indramayu masih menggunakan alat sederhana dan mengadalkan sinar matahari. Kandungan teknologi yang digunakan rata – rata termasuk tingkat pertama dan tingkat kedua. Kata Kunci : Asesmen kebutuhan, Ikan, Nilai tambah, Pengolahan pengasinan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2021
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 27 Feb 2021 05:21
Last Modified: 27 Feb 2021 05:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50922

Actions (login required)

View Item View Item