ANALISIS TENTANG MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK

Desiyan Sri Sukmawati, 165060063 (2021) ANALISIS TENTANG MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTTRAK INGGRIS.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya rasa ingin tahu siswa dalam proses pembelajaran. Hal itu ditandai saat proses pembelajaran berlangsung, tidak adanya semangat dari dalam diri siswa, pembelajaran dikelas pasif, dan motivasi belajar siswa kurang. Oleh karena itu, untuk menghasilkan rasa ingin tahu siswa meningkat dalam proses pembelajaran peneliti menganalisis tentang model discovery learning untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui rasa ingin tahu siswa ketika menggunakan model discovery learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan (library reseacrh), dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber yang digunakan yaitu sumber primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data editing, organizing, dan finding. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deduktif dan induktif. Hasil penemuan menunjukkan bahwa rata-rata sikap rasa ingin tahu siswa meningkat dalam menggunkan model discovery learning. Karena dalam proses pembelajaran akan mengarahkan siswa dalam menemukan sendiri jawaban dan informasi yang belum diketahuinya. Siswa lebih banyak bertanya ketika dihadapkan oleh sesuatu yang baru ia temukan. Siswa lebih merespon positif terhadap proses pembelajaran karena ia merasa penasaran terhadap materi-materi baru dan terhadap objek yang ia amati. Menghasilkan sikap rasa tahu siswa yang tumbuh ketika menggunakan model pembelajaran discovery learning. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Rasa Ingin Tahu, Siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2020
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 24 Feb 2021 05:00
Last Modified: 24 Feb 2021 05:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50889

Actions (login required)

View Item View Item