NEPTI SUPRIATI, 165020066 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Survey Pada Siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Ngamprah Pada Mata pelajaran Ekonomi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN NEFTI.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
RINGKEUSAN.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penggunaan smartphone pada siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Ngamprah. (2) mengetahui motivasi belajar siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Ngamprah. (3) mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Ngamprah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey. Populasi penelitiannya adalah peserta didik kelas XI IPS di SMAN 1 Ngamprah yang berjumlah 145 orang, dengan jumlah sampel 108 orang. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sample random sampling. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis pada hasil analisis deskriptif untuk variabel X memperoleh hasil dengan jumlah bobotnya sebesar 42,68 dan dengan nilai rata-ratanya sebesar 3,56, dan untuk variabel Y dengan jumlah bobotnya sebesar 38,64 dan nilai rata-ratanya sebesar 3,86 berada pada kategori baik. Yang terdapat pada tabel regresi bahwa nilai t hitung sebesar 8,266 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000, dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi <0.005 sehingga variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Ngamprah. Berdasarkan simpulan dari penelti disarankan kepada pendidik dan orang tua sebagai pelaksana mempunyai kewajiban untuk membimbing, mengontrol dan mengawasi siswa agar menggunakan smartphone untuk mendukung kegiatan pembelajaran dan memberikan bekal terhadap siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Kata Kunci : Penggunaan Smartphone, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2020 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 08:36 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 08:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50837 |
Actions (login required)
View Item |