PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK PADA PERUSAHAAN KONVEKSI UNTUK MENGURANGI DEFECT MENGGUNAKAN METODA SIXSIGMA (Studi Kasus: CV. FADHILAH PUTRI PRATAMA KUNINGAN)

Raina Priyanti Fajri, 163040059 and ANGGORO ARI NURCAHYO, DS and Comaluddin Tarsim, DS (2021) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK PADA PERUSAHAAN KONVEKSI UNTUK MENGURANGI DEFECT MENGGUNAKAN METODA SIXSIGMA (Studi Kasus: CV. FADHILAH PUTRI PRATAMA KUNINGAN). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
RAINA PRIYANTI FAJRI _163040059_TEKNIK INFORMATIKA.pdf

Download (388kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

CV. Fadhilah Putri Pratama merupakan perusahaan yang bergerak dibidang konveksi yang memproduksi berbagai macam sandang seperti kaos, kemeja, jaket, rompi dan lain-lain. Konveksi termasuk dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Permasalahan yang dihadapi oleh CV. Fadhilah Putri Pratama adalah masih adanya produk cacat dalam proses produksinya sehingga perlu dilakukan pengendalian kualitas menggunakan metode six sigma. Six sigma merupakan peningkatan kualitas produk dengan 3.4 kegagalan dari persejuta peluang atau disebut DPMO (Defect Per Million Oppurtunity) melalui fase DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control). Setiap proses dari six sigma harus bisa menghasilkan kesalahan paling sedikit 3.4 atau mencapai 99.9996% tingkat keberhasilan [PAN00]. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu perusahaan dalam mencapai standar kualitas yang telah ditetapkan dan mengurangi pemborosan atau kerugian yang terjadi karena adanya produk yang cacat. Dengan menganalisis data produk cacat diharapkan dapat mencapai tujuan dari penelitian ini. Kata kunci : Pengendalian kualitas, Six sigma, DPMO (Defect Per Million Oppurtunity), DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2021
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 17 Feb 2021 03:34
Last Modified: 17 Feb 2021 03:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50819

Actions (login required)

View Item View Item