PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI KELAS VII MTS NURUL IMAN BANDUNG

Rofiuddin, NPM :188090009 (2021) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DI KELAS VII MTS NURUL IMAN BANDUNG. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Jurnal Tesis arrofi (1).docx

Download (321kB)

Abstract

Menulis teks cerita fantasi merupakan teks yang wajib dikuasai oleh siswa kelas VII. Untuk mencapai indikator pembelajaran menulis teks cerita fantasi diperlukan model pembelajaran yang tepat agar bisa mencapai tujuan tersebut, namun pada kenyaataan dilapangan tidak semua peserta didik mampu menulis teks cerita fantasi dengan baik, model yang diterapkan belum maksimal, sehinngga dapam penelitian ini penulis memiliki tujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran masalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks cerita fantasi dan berpikir kreatif. peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method tipe embended. Dengan teknik pengambilan data wawancara, observasi dan angket. Adapun hasil penelitian ini antaralain; penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatf peserta didik menunjukan hasil yang lebih baik dari pada kelas konvesional ceramah. Dibuktikan dengan dari perolehan nilai rata-rata posttest dan hasil uji independent test. Hasil rata-rata pretest berpikir kreatif menulis kelas eksperimen sebesar 44.52. setelah melaksanakan model pembelajaran berbasis masalah Hasil rata-rata posttest berpikir menulis eksperimen sebesar 78,96. Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif menulis teks cerita fantasi. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi mrnunjukan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berpengarus sebesar 17,9 % artinya berpengaruh sangat kuat karena nilai sebesar 0,24. Dengan demikian, model pembelajaran berbasis masalah dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran menulis teks cerita fantasi yang berfokus pada orientasi dan konflik. Kata kunci: model pembelajarna berbasis masalah, menulis teks cerita fantasi, berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:46
Last Modified: 15 Feb 2021 04:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50780

Actions (login required)

View Item View Item