PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF- CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring)

Fauziyah Nuri, 155050048 (2021) PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF- CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstarct.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (187kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis termasuk dalam standar kemampuan matematis yang diperlukan oleh siswa. Namun kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah karena dalam proses pembelajaran matematika umumnya terlalu berkonsentrasi pada latihan soal yang bersifat prosedural dan mekanistik daripada pengertian. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan Self-confidence adalah pembelajaran REACT. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Discovery Learning; 2) mengetahui Self-confidence siswa yang memperoleh pembelajaran REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Discovery Learning; 3) mengetahui korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan Self-confidence siswa SMP dengan model pembelajaran REACT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas 7 SMP Pasundan 3 Bandung. Sampel penelitian ini dipilih secara acak menurut kelas sebanyak dua kelas yakni, kelas 7A sebagai kelas eksperimen dan 7D sebagai kelas kontrol di SMP Pasundan 3 Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang dibuat dalam bentuk uraian (pretes-postes), dan instrumen non-tes berupa angket Self-confidence. Analisis data menggunakan uji parametrik pada data pretes-postes melalui software SPSS Statistic 20,0 for Windows. Dari hasil analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Discovery Learning; 2) Self-confidence siswa yang menggunakan model pembelajaran REACT lebih baik daripada Self-confidence yang memperoleh model Discovery Learning; 3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-confidence siswa SMP melalui model pembelajaran REACT. Kata Kunci : Komunikasi Matematis, REACT, Self-confidence

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 03 Feb 2021 07:29
Last Modified: 03 Feb 2021 07:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50395

Actions (login required)

View Item View Item