EVALUASI USABILITY TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN KONSEP HEURISTIC EVALUATION (Studi Kasus : Website siMAYA Diskominfo Provinsi Jawa Barat)

Endang Prastika Ningsih, 16.304.0104 and Sali Alas Majapahit, DS and ASEP SOMANTRI, DS (2021) EVALUASI USABILITY TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN KONSEP HEURISTIC EVALUATION (Studi Kasus : Website siMAYA Diskominfo Provinsi Jawa Barat). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Endang Prastika Ningsih_163040104_Teknik Informatika.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Usability merupakan sejauh mana kelayakan suatu sistem berdasarkan efektivitas, efisiensi, dan kepuasan dalam konteks penggunaan. Pentingnya usability yaitu untuk mengukur kualitas kelayakan suatu sistem yang mengarah pada beberapa metode pengujian. Website resmi Dinas Komunikasi dan informatika Provinsi Jawa Barat dengan domain simaya.jabarprov.go.id merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk membantu mempermudah pengerjaan pengelolaan tata naskah dinas secara eletronik. Menurut bagian Pengadministrasi Umum (pengarsipan) belum pernah melakukan evaluasi website siMAYA (Sistem Administrasi Perkantoran MAYA) serta didapatkan beberapa kendala. Oleh karena itu, dibutuhkan evaluasi usability untuk mengetahui permasalahan yang ada pada sistem serta mengetahui tingkat kepuasan pengguna. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diangkatlah penelitian dengan judul “ Evaluasi Usability Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Konsep Heuristic Evaluation (Studi Kasus : Website siMAYA Diskominfo Provinsi Jawa Barat)”. Penelitian dimulai dengan melakukan langkah pertama yaitu mengidentifikasi masalah, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data, analisis website siMAYA, pengolahan data, dan terakhir adalah kesimpulan prospek penelitian selanjutnya serta rekomendasi. Proses pengolahan data yang dilakukan adalah pengujian validitas, pengujian reliabilitas, pengukuran severity ratings dan pengukuran tingkat kepuasan pegguna. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah dokumentasi dari proses pengukuran evaluasi tingkat Usability website siMAYA terhadap kepuasan pengguna dengan menggunakan konsep Heuristic Evaluation. Kata kunci : siMAYA (Sistem Administrasi Perkantoran MAYA) ,Usability, Heuristic Evaluation, Kepuasan Pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 29 Jan 2021 05:47
Last Modified: 29 Jan 2021 05:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50380

Actions (login required)

View Item View Item