PENCEMARAN AIR SUNGAI TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP AKIBAT PROGRAM PEMBANGUNAN PT. KERETA CEPAT INDONESIA CHINA DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP

Siti Habibah, 161000133 (2020) PENCEMARAN AIR SUNGAI TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP AKIBAT PROGRAM PEMBANGUNAN PT. KERETA CEPAT INDONESIA CHINA DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (670kB) | Preview

Abstract

Dampak pembangunan akan menimbulkan permasalahan pada lingkungan hidup, dalam bidang lingkungan hidup perlu mendapatkan perhatian yang serius, agar perlindungan dan pengelolaan dalam lingkungan hidup tidak terkesampingkan oleh kegiatan pembangunan. Dalam prakteknya terdapat permasalahan lingkungan hidup terkait pencemaran air di Sungai Cangkoek akibat pembangunan Kereta Cepat Indonesia China. Dalam penelitian ini permasalahan yang berkaitan dengan pencemaran air sungai Cangkoek adalah pengaturan metode pelaksanaan pembangunan Kereta Cepat Indonesia China, tanggung jawab PT. Kereta Cepat Indonesia China, dan upaya penyelesaian terhadap pencemaran air sungai Cangkoek di Desa Puteran akibat kegiatan pembangunan PT. Kereta Cepat Indonesia China dihubungkan dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah metode yuridis normatif, yaitu suatu penelitian yang menekankan pada ilmu hukum, dan menelaah kaidah-kaidah hukum yang berlaku dalam masyarakat. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu: studi kepustakaan, melalui data sekunder (bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, bahan hukum tersier), dan dilapangan dengan melakukan wawancara langsung ketempat penelitian untuk mendapatkan fakta-fakta yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini pengaturan metode pelaksanaan pembangunan Kereta Cepat Indonesia China diatur dalam manajemen perusahaan proyek China Railway Group Limited. Tanggung jawab dari PT. Kereta Cepat Indoenesia China memberikan ganti kerugian kepada masyarakat sekitar yang terkena dampak dengan cara melakukan pembuatan tanggulan sungai Cangkoek dan penyulingan air sungai agar tidak tercemar. Adapun upaya penyelesaian pencemaran air sungai terhadap lingkungan hidup dilakukan secara musyawarah untuk mufakat yang menghasilkan suatu kesepakatan yang disetujui oleh para pihak. Kata Kunci: Lingkungan Hidup, Pencemaran Air.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 28 Jan 2021 03:19
Last Modified: 28 Jan 2021 03:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50365

Actions (login required)

View Item View Item