ANALISIS PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DALAM SITUASI PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19) DI SMA NASIONAL BANDUNG (Survei Dilakukan Pada Peserta Didik Kelas X SMA Nasional Bandung)

IRWAN SANTOSO, 165020006 (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DALAM SITUASI PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19) DI SMA NASIONAL BANDUNG (Survei Dilakukan Pada Peserta Didik Kelas X SMA Nasional Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan pada situasi Pandemi Covid-19, mengetahui bagaimana hambatan dan keunggulan pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan pada situasi Pandemi Covid-19, dan mengetahui bagaimana upaya peserta didik dalam mengatasi hambatan Pandemi Covid-19 dikelas X SMA Nasional Bandung. Masalah pada penelitian ini adalah pembelajaran yang dilakukan secara online menyulitkan bagi siswa, ini terjadi karena adanya pandemi Covid-19. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan survey sebagai alat pengambil data dengan didukung wawancara dan studi kepustakaan sebagai pembanding data. Berdasarkan hasil analisis menggunakan bantuan aplikasi SPSS 26 diperoleh hasil 100% angket dikatakan valid. Semua perangkat pertanyaan dinyatakan reliabel dengan nilai 0.748. Hasil penelitian pada penelitian ini menjelaskan bahwa (1) pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring, hasil survei yang sudah dilakukan menunjukan nilai rata-rata yang diperoleh dari total frekuensi dan bobot skor sebesar 3.73 dari skor tertinggi 5 dengan persentase 75% yang mengartikan pembelajaran dikategorikan baik. (2) hambatan belajar yang dialami siswa seperti kendala sinyal yang lemah, kondisi rumah tangga yang tidak kondusif, perlengkapan belajar tidak mendukung dan kuota yang cepat habis. Selain hambatan, pembelajaran online juga mempunyai keunggulan seperti waktu yang fleksibel dan praktis, materi prakarya yang menarik karena banyak gambar, dan pembelajaran online juga menumbuhkan kemandirian belajar. (3) upaya peserta didik dalam mengatasi kesulitan belajar seperti mempersiapkan handphone, aplikasi wps office, mencari free wifi dan alternatif terakhir adalah mengumpulkan tugas melalui whatsapp apabila di edulogy tidak bisa. Selama pandemi ini hendaknya sekolah selalu mengedepankan protokol kesehatan selama kegiatan pembelajaran dan guru selalu berperan aktif dalam merespon kesulitan belajar yang dialami siswa. Selain itu, siswa juga diajarkan oleh situasi untuk lebih bersabar dan menjadi manusia yang dinamis akan percepatan perubahan sehingga pembelajaran di tengah pandemi ini dapat menjadi refleksi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kata kunci: pembelajaran, prakarya dan kewirausahaan, online, Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Jan 2021 08:01
Last Modified: 27 Jan 2021 08:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50344

Actions (login required)

View Item View Item