PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS EKSPOSISI DENGAN METODE KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED DI KELAS X SMK YASPIF CIBUAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RIDA, 165030015 (2021) PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR TEKS EKSPOSISI DENGAN METODE KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED DI KELAS X SMK YASPIF CIBUAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRACT.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. RINGKESAN.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menganalisis teks merupakan kegiatan penyelidikan, memeriksa, atau meneliti suatu teks atau wacana. Penulis bermaksud untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menganalisis struktur teks eksposisi. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah kuasi eksperimen. Adapun hasil penelitiannya, yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis struktur teks eksposisi menggunakan metode Know-Want to Know-Learned. Hal ini terbukti dari pemerolehan nilai perencanaan pembelajaran penulis dengan nilai rata-rata sebesar 3,88 pada kelas eksperimen dan 3,88 pada kelas kontrol. Pelaksanaan pembelajaran memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,95 pada kelas eksperimen dan 3,8 pada kelas kontrol. Sehingga, dapat dikatakan bahwa Penulis memiliki nilai yang masuk ke dalam kategori A (baik sekali); (2) Peserta didik kelas X SMK Yaspif Cibuaya mampu menganalisis struktur teks eksposisi. Hal ini terbukti pada kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata pretes sebesar 59,83 dan nilai rata-rata postes sebesar 82,33, sedangkan hasil pretes nilai rata-rata di kelas kontrol sebesar 49,33 dan nilai rata-rata postes sebesar 76,60; (3) Metode KnowWant to Know-Learned efektif digunakan dalam menganalisis struktur teks eksposisi. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil data uji man whitney yang menunjukkan hasil Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang hasilnya lebih kecil daripada 0,05. Apabila nilai Asymp.Sig.(2-tailed) pada uji man whitney lebih kecil dari nilai 0,05 maka hipotesis tersebut diterima. Artinya, metode Know-Want to Know-Learned efektif dalam pembelajaran menganalisis struktur teks eksposisi dibandingkan dengan metode ceramah; (4) Adanya perbedaan kemampuan hasil belajar peserta didik kelas X SMK Yaspif Cibuaya dalam pembelajaran menganalisis struktur teks eksposisi menggunakan metode Know-Want to KnowLearned. Hal ini tebukti dari uji wilcoxon yaitu Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya hipotesis diterima (Ha diterima). Sehingga dapat disimpulkan bahwa, adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X SMK Yaspif Cibuaya dalam pembelajaran menganalisis struktur teks eksposisi. Kata kunci: menganalisis, teks eksposisi, Know-Want to Know-Learned

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Jan 2021 04:56
Last Modified: 27 Jan 2021 04:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50335

Actions (login required)

View Item View Item