ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN GIGI DI PUSKESMAS IBRAHIM ADJIE

EGGY ILHAM BUNYARAHMA, NPM : 178020034 (2021) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN GIGI DI PUSKESMAS IBRAHIM ADJIE. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
JURNAL EGY.doc

Download (376kB)

Abstract

Puskesmas dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan yang memenuhi standar pelayanan yang optimal, sehingga dapat memuaskan pasien dan pasien menjadi loyal. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh Public health center belum optimal, sehingga loyalitas pasien yang ada di puskesmas Ibrahim Adjie belum memuaskan pasien, hal tersebut dilihat peralatan dan obat-obatan kurang lengkap, pemberian obat dan stock obat sedikit sehingga petugas mengemas tidak sesuai harapan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh Kepuasan dan Kualitas Pelayanan terhadap loyalitas pasien Gigi di puskesmas Ibrahim Adjie. Metode penelitiannya menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi adalah seluruh pasien yang berobat ke poliklinik pelayanan gigi di Public health center Ibrahim Adjie periode (Januari-Desember) tahun 2018 sebanyak 5,982 orang, sehingga jumlah sampel menggunakan teknik consecutive sampling penelitian ini sebanyak 99 orang. Analisis data menggunakan analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan dilihat dari sarana prasarana di sekitar puskesmas kurang nyaman, Kepuasan dilihat dari Pelayanan Dokter belum memberikan waktu pelayanan yang cukup pada pasien. Hasil pengujia hipotesis Ho ditolak yang berarti adanya pengaruh positif antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien terhadap loyalitas pasien gigi. Oleh karena itu perlu melakukan perbaikan manajemen puskesmas dalam kualitas pelayanan guna memenuhi kepuasan pasien. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas Pasien

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 27 Jan 2021 02:16
Last Modified: 27 Jan 2021 02:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50328

Actions (login required)

View Item View Item