PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA KEPERCAYAAN DIRI BELAJAR SISWA SMA

ARDIYANSAH, NPM. 168060066 (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA KEPERCAYAAN DIRI BELAJAR SISWA SMA. Thesis(S2) thesis, Universitas Pasundan.

[img] Text
JURNAL TESIS ARDIYANSAH 168060066.docx

Download (588kB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournaments dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis serta kepercayaan diri belajar siswa SMA. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen di SMAN 1 Cabangbungin, yang melibatkan 32 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol. Analisis statistik yang digunakan adalah Uji t, Uji Mann Whitney, dan Uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Teams Games Tournaments lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dilihat berdasarkan keseluruhan dan kemampuan awal matematis (unggul dan asor) dan indikator yang tercapai yaitu menyatakan ulang secara verbal konsep yang telah dipelajari, menerapkan konsep secara algoritma, dan menyajikan konsep dalam berbagai macam representasi matematika; (2) peningkatann kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Teams Games Tournaments lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dilihat berdasarkan keseluruhan dan kemampuan awal matematis (unggul dan asor) dan indikator yang tercapai adalah Written Texts, Drawing, dan Mathematical Espression; (3) peningkatan kepercayaan diri belajar siswa yang memperoleh pembelajaran Teams Games Tournaments lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (4) terdapat hubungan positif antara kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis, terdapat hubungan positif antara kemampuan pemahaman matematis dan kepercayaan diri belajar siswa, dan terdapat hubungan positif anatara kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri belajara siswa; (5) aktivitas guru dan siswa dalam penerapan model Teams Games Tournaments secara keseluruhan cukup baik. Pada pertemuan pertama, kedua, dan ketiga terkategori sedang dan meningkat pada pertemuan keempat dan kelima yang terkategori baik. Kata Kunci: Teams Games Tournaments, Pemahaman dan Komunikasi Matematis, dan Kepercayan Diri Belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 22 Jan 2021 06:56
Last Modified: 22 Jan 2021 06:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50293

Actions (login required)

View Item View Item