PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK YANG BERFOKUS PADA KODA CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUGESTI-IMAJINASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMKS PGRI JATISARI TAHUN AJARAN 2020/2021

RIZAL ABDUL AZIZ, 165030045 (2021) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK YANG BERFOKUS PADA KODA CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUGESTI-IMAJINASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMKS PGRI JATISARI TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Mengontuksi sebuah cerita pendek merupakan keterampilan menulis. Menulis juga, sebagai sarana untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Semua siswa tentu memiliki potensi menulis, termasuk menulis sebuah teks cerita pendek yang berfokus pada koda cerpen. Sugesti-Imajinasi merupakan suatu metode yang memudahkan peserta didik untuk menulis teks cerita pendek yang baik. Untuk itu, penulis melakukan sebuah pembelajaran menulis teks cerita pendek yang berfokus pada koda cerpen dengan menggunakan metode sugesti-imajinasi pada peserta didik kelas XI SMKS PGRI JATISARI tahun ajaran 2020/2021. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah: (i) Apakah penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis teks cerita pendek berfokus pada koda cerpen dengan menggunakan motede Sugesti-Imajinasi pada peserta didik kelas XI SMKS PGRI JATISARI?; (ii) Bagaimanakah kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek berfokus pada koda cerpen dengan menggunakan motede Sugesti-Imajinasi pada peserta didik kelas XI SMKS PGRI JATISARI?; (iii) Adakah pengaruh metode Sugesti-Imajinasi terhadap peningkatan hasil pembelajaran menulis teks cerita pendek berfokus pada koda cerpen pada peserta didik kelas XI SMKS PGRI JATISARI?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan peserta didik, pengaruh metode sugesti-imajinasi terhadap pembelajaran menulis teks cerita pendek yang berfokus pada koda cerpen pada peserta didik kelas XI SMKS PGRI JATISARI. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (i) Penulis sudah mampu menerapkan pembelajaran menulis sebuah teks cerita pendek yang berfokus pada koda pada peserta didik kelas XI SMKS PGRI JATISARI dengan menggunakan metode Sugesti-Imajinatif dengan tepat ;(ii) Peserta didik kelas XI SMKS PGRI JATISARI tahun pelajaran 2020/2021 sudah mampu menulis sebuah teks cerita pendek yang berfokus pada koda cerpen dengan tepat; (iii) Metode Sugesti-Imajinatif sudah efektif digunakan dalam pembelajaran menulis sebuah teks cerita pendek yang berfokus pada koda pada peserta didik kelas XI SMKS PGRI JATISARI. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen semu tipe one group pretest-postet design. Adapun hasil penelitiannya, hipotesis pertama diterima dengan hasil penulis mendapatkan nilai rata-rata untuk persiapan pembelajaran sebesar 3,72 dengan kategori nilai sangat baik (A) dan nilai rata-rata pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,56 dengan kategori sangat baik (A). Hipotesis kedua diterima, dengan hasil nilai prates dengan rata-rata sebesar 30,09 dan hasil pascates dengan rata-rata sebesar 76,43. Perbedaan ini menunjukkan selisih 48,77, sehingga menghasilkan peningkatan dari prates dan pascates sebesar 48,77 atau setara dengan 162,5%. Hipotesis kedua diterima, dengan hasil hasil uji statistik thitung>ttabel, yakni 5.21 > 2.04 dalam tingkatan kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 29. Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa, metode sugesti-imajinasi ini tepat digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek. Karena dapat melatih peserta didik untuk meningkatkan cara belajar menuju belajar lebih baik khususnya pada saat mengontruksi sebuah teks cerita pendek. Kata Kunci : Mengontuksi, Pembelajaran, Sugeti-Imajinasi, Dan Teks Cerita Pendek

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 22 Jan 2021 06:54
Last Modified: 22 Jan 2021 06:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50292

Actions (login required)

View Item View Item