PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI SECARA TULIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 TALAGA TAHUN AJARAN 2020/2021

TRIANSA NURUL FALAH, 165030039 (2021) PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI SECARA TULIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 TALAGA TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (76kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) kemampuan penulis dalam melaksanakan pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan menggunakan media Sparkol Videoscribe pada peserta didik kelas X SMAN 1 Talaga tahun pelajaran 2020/2021; (ii) keterampilan menulis peserta didik kelas X SMAN 1 Talaga; (iii) pengaruh penggunaan media Sparkol Videoscribe terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi secara tulis kelas X SMAN 1 Talaga tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan populasi yang berjumlah 30 siswa. Untuk mencari pengaruh analisis data yang digunakan yaitu analisis paired sample t-test melalui perhitungan ratarata skor dengan bantuan program SPSS 26 for windows. Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahawa: (i) peneliti mampu melaksanakan pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi menggunakan media sparkol videoscribe dengan baik, dapat dilihat dari hasil evaluasi pendidik bahwa peneliti memperoleh skor 3,57 dengan mutu A sangat baik, (ii) keterampilan menulis peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia sub pokok Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi kelas X di SMA Negeri 1 Talaga mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata skor pretest-Post test dari 51,26 menjadi 84,4 (iii) terdapat pengaruh antara penggunaan media Sparkol Videoscribe terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi kelas X MIPA 7 SMA Negeri 1 Talaga. Saran untuk pihak yang terkait (i) bagi siswa, diharapkan meningkatkan keterampilan menulisnya serta motivasi belajar sehingga mampu belajar secara mandiri dan mengikuti pembelajaran dengan baik, (ii) bagi guru, diharapkan menguasai dan mampu mengoperasikan media teknologi informasi komunikasi dengan baik, meningkatkan soft skill untuk membuat bahan ajar digital serta mengembangkan materi pembelajaran agar lebih menarik perhatian siswa untuk belajar, (iii) bagi sekolah, diharapkan sekolah mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan apa yang siswa butuhkan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Kata kunci: Media Sparkol Videoscribe, Pembelajaran, Teks Biografi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 22 Jan 2021 03:54
Last Modified: 22 Jan 2021 03:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50283

Actions (login required)

View Item View Item