MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERMEDIA KARIKATUR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 CISARUA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

ENDEN ASTUTI, NPM. 188090024 (2021) MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERMEDIA KARIKATUR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 CISARUA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang sangat penting untuk dikuasai oleh peserta didik. Namun, berdasarkan hasil studi pendahuluan dalam pembelajaran menulis khususnya menulis cerpen yaitu mengalami permasalahan kesulitan mencari gagasan. Peranan model pembelajaran berpengaruh terhadap permasalahan pembelajaran. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen dan berdampak positif terhadap berpikir kreatif peserta didik adalah model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran menulis cerpen bermedia karikatur dan untuk mengetahui dampaknya terhadap kemampuan berpikir kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi model atau desain sequential exploratory dengan kuantitatif tipe Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes, dan angket. Instrumen tersebut dikategorikan layak setelah dilakukan uji coba instrumen dan dilakukan analisis uji coba statistik (validitas dan realibilitas). Perhitungan penelitian ini melalui uji rata-rata prates dan pascates, mengetahui nilai maksimum dan minimum dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini yaitu: (1) belajar menulis cerpen bermedia karikatur di kelas XI yang menggunakan model pembelajaran CTL lebih baik dari model konvensional, (2) kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran menulis cerpen bermedia karikatur di kelas XI yang menggunakan model pembelajaran CTL lebih baik dari model konvensional. Dengan demikian menunjukkan bahwa peserta didik berhasil menulis cerpen bermedia karikatur dengan baik dan berdampak positif terhadap berpikir kreatif setelah diterapkan model CTL dalam pembelajaran menulis cerpen bermedia karikatur. Kata Kunci : Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Karikatur, Cerpen, Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 20 Jan 2021 04:29
Last Modified: 20 Jan 2021 04:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50272

Actions (login required)

View Item View Item