PERANCANGAN DASHBOARD MONITORING KINERJA PEGAWAI UNTUK MIDDLE OF MANAGEMENT (Studi Kasus : Pusat Sumber Daya Mineral Batu Bara dan Panas Bumi)

Riska Annisa Komara, 16.304.0107 and Sali Alas Majapahit, DS and ASEP SOMANTRI, DS (2021) PERANCANGAN DASHBOARD MONITORING KINERJA PEGAWAI UNTUK MIDDLE OF MANAGEMENT (Studi Kasus : Pusat Sumber Daya Mineral Batu Bara dan Panas Bumi). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor penting pada perusahaan. Pegawai dikelola dengan baik, salah satunya dengan memantau seluruh pekerjaan yang dilakukan. Pemantauan pekerjaan pegawai harus dilakukan secara cepat untuk melihat perubahan informasi pekermbangan pekerjaan secara real time. Salah satu fokus pada manajemen sumber daya manusia adalah melakukan Monitoring atau pemantauan pekerjaan yang dilakukan oleh setiap sumber daya manusia. Monitoring sumber daya manusia sangat diperlukan untuk memastikan bahwa pekerjaan yang dilakukan oleh sumber daya manusia yang ada sesuai dengan target pekerjaan yang ingin dicapai. Dashboard merupakan media penyajian informasi yang mampu mendokumentasikan seluruh perkembangan pekerjaan pegawai, menyajikan informasi dalam skala besar, cepat, ringkas, dan rinci berdasarkan key performance indicator (KPI) kinerja pegawai dengan dukungan tampilan visual yang menarik. Perancangan dashboard dimulai dengan menganalisis proses monitoring kinerja pegawai, menentukan kebutuhan data, analisis pengguna, menentukan KPI, menentukan konten, membuat desain dashboard, dan membuat scenario interaksi antara pengguna dan dashboard. Dengan adanya sebuah dashboard untuk Monitoring kinerja pegawai akan mempermudah pihak Middle Manajemen untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai, mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi, menampilkan data dan informasi sesuai kebutuhan, memprediksi hambatan, mendokumentasikan seluruh kegiatan Monitoring kinerja pegawai, serta hambatan resiko yang mungkin terjadi jika pekerjaan yang dilakukan tidak sesuai dengan proses, waktu pengerjaan, dan target pencapaian. Sehingga dapat membantu pihak Middle Manajemen untuk membuat keputusan mengenai sumber daya manusia dengan lebih cepat dan tepat. Hasil dari penelitian tugas akhir ini berupa rancangan atau model Dashboard Monitoring kinerja pegawai. Penelitian ini untuk perkembangan pihak middle level management dalam memantau perkembangan kinerja pegawai, dan mempermudah pegawai dalam mendapatkan informasi perihal perkembangan produksi. Kata Kunci : dashboard, monitoring, kinerja pegawai, Key Performance Indicators (KPI), Middle Manajemen.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 16 Jan 2021 06:16
Last Modified: 16 Jan 2021 06:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50262

Actions (login required)

View Item View Item