ANALISIS KORELASI FAKTOR JOB STRESS TERHADAP SAFETY BEHAVIOR DI DEPARTEMENT GUDANG KAIN DI PT. LEADING GARMENT INDUSTRIES

Nurul Awaliah Sugarman, 153010098 and Riza Fathoni Ishak, ds and Bram Andryanto, DS (2021) ANALISIS KORELASI FAKTOR JOB STRESS TERHADAP SAFETY BEHAVIOR DI DEPARTEMENT GUDANG KAIN DI PT. LEADING GARMENT INDUSTRIES. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Stres kerja dianggap sebagai salah satu penyebab kritis perilaku pekerja yang tidak aman. Sebagai industri andalan di banyak negara, industri tekstil atau garment memiliki sejumlah besar karyawan dan penelitian tentang bagaimana stres kerja mempengaruhi perilaku tidak aman pekerja memiliki signifikansi teoretis dan praktis yang penting untuk meningkatkan kinerja keselamatan konstruksi melalui manajemen stres kerja yang lebih baik. Dalam penelitian ini, penulis meninjau literatur secara menyeluruh dan melakukan wawancara semi-terstruktur untuk mengidentifikasi dimensi stres kerja, merancang skala stres kerja dan mengutip skala pengukuran perilaku keselamatan. Setelah itu, survei kuesioner dikembangkan menggunakan skala pengukuran yang diusulkan dan didistribusikan kepada karyawan dari sebuah perusahaan PT. Leading Garment Industries. Tiga puluh dikumpulkan dan dianalisis menggunakan analisis reliabilitas untuk memvalidasi konsistensi internal skala. Hasil dari analisis faktor menunjukkan bahwa skala pengukuran stres kerja dapat dikelompokkan menjadi enam dimensi. Untuk menunjukkan penerapan skala yang dikembangkan pada penelitian manajemen keselamatan kerja, data yang dikumpulkan digunakan untuk menguji hipotesis bahwa stres kerja memiliki korelasi negatif dengan perilaku keselamatan. Hasil menunjukkan bahwa hipotesis itu valid, dan ada korelasi negatif antara stres kerja dan perilaku keselamatan. Selain itu, hasil yang lebih baik dari hubungan antara enam dimensi stres kerja dan perilaku keselamatan dapat diperoleh. Singkatnya, penelitian ini mengembangkan skala stres yang ditingkatkan untuk pekerja di perusahaan ini, dan skala yang diusulkan divalidasi dengan menganalisis data dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Kata Kunci : pekerja, skala stres kerja, perilaku keselamatan, analisis korelasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 16 Jan 2021 02:52
Last Modified: 16 Jan 2021 02:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50258

Actions (login required)

View Item View Item