MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA FANTASI BERORIENTASI PADA STRUKTUR TEKS UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 LEMBANG

SUSI SOMADI, NPM : 188090002 (2021) MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA FANTASI BERORIENTASI PADA STRUKTUR TEKS UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 LEMBANG. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses dan hasil kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi berorientasi pada struktur teks dengan menggunakan model mind mapping untuk meningkatkan berpikir kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mix methode) tipe embedded. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lembang. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal pretest, posttest dan LKPD. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) proses penerapan pelaksanaan model mind mapping memberikan hasil lebih baik terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi berorientasi pada struktur teks serta meningkatnya kemampuan berpikir kreatif; (2) kemampuan peserta didik dalam menulis teks cerita fantasi berorientasi pada struktur teks dengan model mind mapping mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya dengan peningkatan kemampuan rata-rata 64,50 menjadi 80,92; (3) kemampuan peserta didik dalam menulis teks cerita fantasi berorientasi pada struktur teks dengan model mind mapping lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model ceramah nilai rata-rata akhir 70,80 berbanding dengan 42,20; (4) kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran menulis cerita fantasi berorientasi pada struktur teks sebelum diberikan perlakuan mendapatkan nilai rata-rata 53,40 menjadi 70,80; (5) kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model mind mapping lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran ceramah 70,80 berbanding dengan 42,20; (6) model pembelajaran mind mapping dapat memberikan pengaruh cukup baik terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan perolehan nilai korelasi sebesar 0,590 dengan nilai signifikansi 0,002 < ɑ (0,050) artinya menunjukkan signifikansi semakin baik kemampuan peserta didik dalam menulis teks cerita fantasi berorientasi pada struktur maka kemampuan berpikir kreatif pun semakin baik. Kata Kunci : Mind Mapping, Menulis Teks Cerita Fantasi, Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:33
Last Modified: 13 Jan 2021 04:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50250

Actions (login required)

View Item View Item