PENGARUH KREDIT MACET, KECUKUPAN MODAL, DAN KEMAMPULABAAN TERHADAP PENYALURAN KREDIT PADA BANK BUMN DI INDONESIA (STUDI KASUS PERIODE 2011-2019)

ATI SITI SYAMSIAH, NPM :178110001 (2021) PENGARUH KREDIT MACET, KECUKUPAN MODAL, DAN KEMAMPULABAAN TERHADAP PENYALURAN KREDIT PADA BANK BUMN DI INDONESIA (STUDI KASUS PERIODE 2011-2019). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bank merupakan lembaga keuangan yang menjadi tolok ukur kekuatan perekonomian suatu negara. Hal ini dikarenakan bank sebagai pihak yang menerima dana dari masyarakat kemudian menyalurkannya kembali kepada masyarakat melalui bentuk kredit untuk meningkatkan roda perekonomian suatu negara. Untuk meningkatkan perekonomian maka jumlah kredit yang disalurkan harus semakin meningkat. Untuk meningkatkan penyaluran kredit maka bank harus memperhatikan beberapa faktor antara lain kredit macet, kecukupan modal, serta kemampuan bank menghasilkan laba. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kredit macet, kecukupan modal, dan kemampulabaan terhadap penyaluran kredit pada bank BUMN di Indonesia. Data yang digunakan yaitu data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan Bank BUMN pada periode 2011-2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dan uji hipotesis t menggunakan statistik untuk menguji regresi secara parsial serta uji F untuk untuk menguji secara simultan dengan tingkat signifikansi 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autikorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredit macet berpengaruh negatif terhadap penyaluran kredit, kecukupan modal berpengaruh positif terhadap penyaluran kredit dan kemampulabaan tidak berpengaruh terhadap penyaluran kredit. Sedangkan secara simultan kredit macet, kecukupan modal dan kemampulabaan berpengaruh terhadap penyaluran kredit bank BUMN di Indonesia. Kemampuan prediksi dari ketiga variabel tersebut sebesar 71,7%, sedangkan sisanya 28,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak masuk ke dalam model penelitian. Kata kunci : kredit macet (NPL), kecukupan modal (CAR), kemampulabaan (NIM), penyaluran kredit

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 13 Jan 2021 02:35
Last Modified: 13 Jan 2021 02:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50248

Actions (login required)

View Item View Item