ANALISIS PENGUKURAN DAN PERBAIKAN KINERJA RANTAI PASOK MENGGUNAKAN SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE MODEL (SCOR) (STUDI KASUS: PT. SOLVE IT)

MUHAMMAD HERLIANTO, mhs and Sutarman, DS and Nurman Helmi, ds (2020) ANALISIS PENGUKURAN DAN PERBAIKAN KINERJA RANTAI PASOK MENGGUNAKAN SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE MODEL (SCOR) (STUDI KASUS: PT. SOLVE IT). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pada penelitian tugas akhir ini ditujukan untuk melakukan pengukuran serta memperbaiki kinerja rantai pasok di PT. Solve It, PT. Solve It merupakan perusahaan di Indonesia yang bergerak di sektor industri garmen yang berorientasi ekspor, berlokasi di Kp. Ciomas, Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang, Jawa Barat. Ketatnya persaingan antar perusahaan di bidang yang sama mendorong PT. Solve It untuk melakukan upaya-upaya guna membangun keunggulan bersaing dan menyadari pentingnya sebuah sistem yang mengatur rantai pasok. Penelitian ini menggunakan metode SCOR (Supply Chain Operation Reference) versi 12.0, (AHP) Analytical Hierarchy Process serta (TLS) Traffic Light System, untuk mengukur kinerja rantai pasok dan menganalisis kinerja yang berada dibawah target, kemudian diberikan usulan perbaikan sehingga kegiatan perusahaan terkait operasional berlangsung baik dan membuat produk berkualitas tinggi dan bersaing. Berdasarkan hasil pengolahan data serta pendekatan sistem pengawasan indikator performansi Snorm de boer, didapatkan nilai kinerja rantai pasok berdasarkan ruang lingkup prosesnya antara lain, proses plan sebesar 93,30, proses source 81,27,proses make 87,29, proses deliver 81,27, proses return 100 dan terakhir proses enable sebesar 72,78. Sedangkan kinerja rantai pasok PT. Solve It secara keseluruhan sebesar 85,48, dimana nilai tersebut termasuk kedalam kategori baik (good). Setelah dilakukan identifikasi indikator mana yang perlu dilakukan perbaikan, dari sebanyak 75 metrik kinerja yang diukur, didapatkan 15 metrik kinerja dengan indikator kinerja berwarna merah, yang berarti kinerja tersebut tidak sesuai dengan target yang ditentukan sehingga harus dilakukan perbaikan. Kemudian dari identifikasi menggunakan traffic light system tersebut, diberikan usulan perbaikan berdasarkan penyebab masalah dan rekomendasi terbaik, agar kinerja rantai pasok PT.Solve It meningkat. Kata Kunci: Pengukuran Kinerja Rantai Pasok, SCOR, AHP, TLS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 08 Jan 2021 02:15
Last Modified: 08 Jan 2021 02:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50234

Actions (login required)

View Item View Item