ANALISIS KAPABILITAS PROSES PETA KENDALI P SHEWHART DAN PETA KENDALI ALTERNATIF ISRT P EWMA PADA PRODUK SHIFT DRUM (STUDI KASUS : PT. SANDY GLOBALINDO)

RAMDANI HERMAN, mhs and Wahyukaton, Ds and CHEVY HERLI SUMERLI, DS (2020) ANALISIS KAPABILITAS PROSES PETA KENDALI P SHEWHART DAN PETA KENDALI ALTERNATIF ISRT P EWMA PADA PRODUK SHIFT DRUM (STUDI KASUS : PT. SANDY GLOBALINDO). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kualitas menjadi sangat penting dalam keberlangsungan suatu perindustrian. Setiap perusahaan harus mampu mempertahankan kualitas produknya atau bahkan meningkatkan kualitas produknya. Salah satu metode pengendalian kualitas yang sering digunakan yitu peta kendali. Peta kendali yang sering digunakan dalam pengendalian kualitas yaitu peta kendali Shewhart. Namun peta kendali Shewhart dinilai kurang sensitif dalam mendeteksi pengendalian proses dengan nilai pergeseran kecil. Diusulkan peta kendali alternatif yang dapat mendeteksi adanya pergeseran kecil yaitu peta kendali ISRT P EWMA. Dimana peta kendali ini dapat digunakan pada kondisi nilai np > 5. Data yang diolah dalam perhitungan baik dengan peta kendali p Shewhart dan ISRT P EWMA, yaitu menggunakan data dari jenis cacat produk Shift Drum. Dari hasil perhitungan dengan proses sudah terkendali, langkah selanjutnya tinggal menghitung kapabilitas proses agar dapat dilakukan analisis untuk setiap peta kendali. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa peta kendali ISRT P EWMA lebih baik dalam mendeteksi adanya data yang out of control. Terdapat dua parameter pada peta kendali ISRT P EMWA yaitu λ dan L, dimana besarnya bobot yang diberikan sangat berpengaruh dalam mendeteksi pergeseran. Semakin kecil nilai parameter yang diberikan, maka peta kendali ISRT P EWMA akan semakin sensitif dalam mendeteksi pergeseran, dan semakin kecil nilai parameter maka nilai dari kapabilitas proses pada setiap data semakin menurun. Kata Kunci :Kualitas, Peta kendali, p Shewhart, ISRT P EWMA, Analisis Kapabilitas Proses

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 06 Jan 2021 04:15
Last Modified: 13 Jan 2021 06:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50227

Actions (login required)

View Item View Item