PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MOBILE LEARNING PADA MATERI MATRIKS BERBASIS KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA

IRWAN SAPUTRA, NPM 188060054 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MOBILE LEARNING PADA MATERI MATRIKS BERBASIS KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
IRWAN SAPUTRA_MPM copy.docx
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
Text
TESIS IRWAN SAPUTRA _188060054.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk ; (1) Menghasilkan bahan ajar mobile learning pada materi matriks berbasis komunikasi matematis dan disposisi matematis bagi siswa SMK kelas XI, (2) Menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI setelah menggunakan bahan ajar mobile learning pada materi matriks; (3) Menganalisis disposisi matematis siswa kelas XI setelah menggunakan bahan ajar mobile learning pada materi matriks, (4) Mendeskripsikan korelasi antara komunikasi matematis siswa dan disposisi matematis siswa dengan produk bahan ajar berbasis mobile learning. l pengembangan RND adalah model yang dikembangkan oleh Thiagarajan et al meliputi define, design, develop dan disseminate. Uji coba produk dalam pengembangan ini terdiri dari uji kelompok besar dan kelompok kecil. Uji kelompok besar dilakukan oleh 8 ahli materi dan 8 ahli media, serta uji coba produk dilakukan melalui 2 tahap, yakni uji uji coba kelompok kecil kepada 15 orang siswa kelas XII AP, dan uji coba kelompok besar kepada 30 siswa kelas XI AP. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket ahli materi, angket ahli media, angket respon siswa dan soal test. Produk penelitian ini yaitu bahan ajar mobile learning pada materi matriks. Pengembangan ini memperoleh hasil ; (1) Kualitas bahan ajar t dari aspek kelayakan termasuk kategori layak untuk kualitas materi dan sangat layak untuk kualitas media , ahli materi dengan rata-rata 4,17 dan ahli media 4,61, uji respon siswa dengan kelompok kecil dengan rata-rata 4,47 dan kelompok besar rata-rata 3,72; (3) Menunjukkan sikap disposisi matematis yang positif, dan; (4) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dengan disposisi matematis siswa. Kata Kunci : mobile learning, komunikasi matematis, disposisi matematis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 22 Dec 2020 03:39
Last Modified: 22 Sep 2021 06:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50172

Actions (login required)

View Item View Item