OPTIMISASI PERMASALAHAN PERUTEAN DAN PERENCANAAN PENGIRIMAN PERSEDIAAN DENGAN PENDEKATAN INVENTORY ROUTING PROBLEM DI PT. MUAWANAH AL-MA`SOEM KOTA BANDUNG

RAKHA PURNAMA SIDDIQ, mhs and Nurman Helmi, ds (2020) OPTIMISASI PERMASALAHAN PERUTEAN DAN PERENCANAAN PENGIRIMAN PERSEDIAAN DENGAN PENDEKATAN INVENTORY ROUTING PROBLEM DI PT. MUAWANAH AL-MA`SOEM KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
RAKHA PURNAMA SIDDIQ_153010068_TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (409kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Muawanah Al-Masoem merupakan perusahaan penyedia Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Produk yang diproduksi terbagi menajadi beberapa bagian mulai dari botol 330 ml, botol 600 ml, botol 1500 ml, gallon, dan salah satunya adalah air mineral jenis cup 240 ml yang dikemas dalam kemasan karton dengan jumlah pada satu buah karton sebanyak 48 cup. Ada beberapa gudang distribusi yang dimiliki PT. Muawanah Al-Masoem, Gudang distribusi rajamandala, Gudang distribusi limbangan, dan salah satunya Gudang distribusi Depo Bandung yang harus melayani 64 ritel. Permasalahan yang ada pada penelitian ini yaitu untuk menentukan rute distribusi yang minimum, sehingga biaya distribusi yang dikeluarkan oleh perusahaan lebih kecil dibandingkan dengan kondisi saat ini. Terdapat lima langkah untuk menyelesaikan permasalahan di PT. Muawanah Al-Masoem. Pertama metode pengelompokkan K-Means Clustering bertujuan untuk memaksimalkan kapasitas angkut kendaraan didalam melayani ritel, kedua Inventory Routing Problem bertujuan untuk penempatan inventory sesuai dengan rute terpendek yang terpilih, Ketiga Clarake And Wright Savings Algorithm bertujuan untuk mencari nilai penghematan dan pendistribusian rute kendaraan, keempat Local Search bertujuan untuk memperoleh jarak rute distribusi terpendek didalam melayani anggota ritelnya, kelima Vendor Managed Inventory bertujuan untuk membuat penjadwalan pengiriman agar lebih terratur, dan untuk meramalkan permintaan setiap pelanggan ritel selama satu tahun kedepan.. Pada penelitian ini terdapat 8 cluster yang disesuaikan dengan demand dan kapasitas kendaraaan, sehingga di peroleh rute distribusi yang optimal dari Gudang pusat ke ritel tujuan, dengan dilakukannya rute distribusi antara kondisi saat ini dan kondisi usulan awal didapatkan biaya selisih distribusi sebesar Rp. 1.746.915 dengan efisiensi sebesar 32,77%, selanjutnya biaya distribusi kondisi usulan awal dengan kondisi optimisasi biaya selisih distribusi sebesar Rp. 23.534 dengan efisiensi 0,61%, dan biaya distribusi kondisisaat ini dan kondisi optimisasi selisih distribusi sebesar Rp. 1.770.449 dengan efisiensi 33,19%. Kata Kunci: Vehicle Routing Problem, Capacited Vehicle Routing Problem, K-Means Clustering, Inventory Routing Problem, Clarke And Wright Savings Algorithm, Local Search Optimization, dan Penjadwalan Vendor Managed Inventory.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:31
Last Modified: 17 Dec 2020 02:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50151

Actions (login required)

View Item View Item