ANALISIS NILAI-NILAI SOLIDARITAS WARGA NEGARA MELALUI PELAKSANAAN UPACARA MAMAYU (Studi Kasus Di Desa Trusmi Wetan Kabupaten Cirebon)

FACHRI FRANSINATA, 165010031 (2020) ANALISIS NILAI-NILAI SOLIDARITAS WARGA NEGARA MELALUI PELAKSANAAN UPACARA MAMAYU (Studi Kasus Di Desa Trusmi Wetan Kabupaten Cirebon). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Judul Skripsi.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text
BAB III Metode Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
BAB IV Hasil Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Globalisasi membuat serta mengubah karakter dan pola pikir masyarakat saat ini. Hubungan masyarakat yang terjalin erat dan harmonis menjadi renggang dikarenakan masyarakat yang cenderung bersifat individualis. Sosialisasi dan interaksi antar warga mulai sedikit berkurang di lingkungan masyarakat, bahkan fenomena ini sering terjadi bahwa antar tetangga tidak saling mengenal, atau antar tetangga tidak saling peduli. Dari sifat tidak saling peduli tersebut rentan akan terjadinya konflik sosial. Salah satu solusi yang akan dikembangkan yaitu dengan analisis nilai-nilai solidaitas warga negara melalui pelaksanaan Upacara Mamayu. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan subjek penelitian yaitu Tokoh Masyarakat, Kepala Desa dan warga Desa Trusmi Wetan. Temuan pada penelitian ini yaitu: 1) Nilai-nilai yang terkandung dapat dilihat dari tahapan pelaksanaan Upacara Mamayu yang dilaksanakan warga Desa Trusmi Wetan. Nilai-nilai tersebut adalah bersyukur melalui bentuk kepedulian sosial, menjaga kerukunan antar warga, menjalankan silaturahmi, terciptanya kebersamaan, menghormati orang lain, dan saling berbagi. 2) Mewujudkan nilai- nilai solidaritas warga dalam upacara mamayu yaitu mengajak warga, membantu mempersiapkan Upacara Mamayu, berkumpul dan makan bersama. 3) Kaitan antara nilai-nilai solidaritas dengan pelaksanaan Upacara Mamayu yaitu nilai kebersamaan, nilai gotong royong dan nilai tolong menolong. 4) Kendala dan upaya dalam meningkatkan nilai-nilai solidaritas warga melalui pelaksanaan Upacara Mamayu tergolong minim. Kata kunci: Solidaritas, Globalisasi, Upacara Mamayu

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 10 Dec 2020 07:26
Last Modified: 10 Dec 2020 07:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50129

Actions (login required)

View Item View Item