FITRY FEBRIANI, 165030079 (2020) ANALISIS PENGGUNAAN RAGAM DIKSI PADA TEKS BIOGRAFI KARYA PESERTA DIDIK KELAS X SMKN 11 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (108kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (70kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia mengajarkan beberapa keterampilan berbahasa. Keterampilan berbahasa, merupakan hal pokok dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu keterampilan berbahasa adalah menulis. Menulis merupakan hal yang penting, terutama dalam kurikulum 2013 berbasis teks. Peserta didik diharapkan dapat membuat tulisan atau menguasai kemampuan menulis. Berkaitan dengan itu, penulisan kalimat yang digunakan dalam karangan ilmiah harus berupa ragam tulisan yang baku yang berupa kalimat efektif. Penggunaan diksi merupakan aspek yang penting, karena jika diksi tidak digunakan secara tepat, akan menyebabkan ketidakefektifan bahasa yang digunakan, juga dapat mengganggu kejelasan informasi yang disampaikan. Namun, pada kenyataannya umpan balik tulisan yang diberikan pengajar dalam pembelajaran bahasa, pelajaran menulis masih kurang memadai. Oleh karena itu, pada penelitian ini penulis memiliki tujuan untuk menganalisis ragam penggunaan diksi pada sebuah teks biografi yang dibuat oleh peserta didik, yaitu: (1) penggunaan diksi sinonim; (2) penggunaan diksi polisemi; (3) penggunaan diksi homonim; (4) penggunaan diksi hiponim; (5) penggunaan diksi antonim. Penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif. Data penelitian menggunakan data sekunder berupa teks biografi peserta didik kelas X SMKN 11 Bandung. Penulis menganalisis sebanyak 30 teks yang diperoleh dari kelas X BDP 2. Analisis tersebut, penulis paparkan dalam bentuk tabel. Berdasarkan hasil analisis yang telah penulis lakukan terdapat hasil, yaitu (1) penggunaan diksi sinonim sebanyak 26 temuan; (2) penggunaan diksi polisemi sebanyak 14 temuan; (3) penggunaan diksi homonim sebanyak 11 temuan; (4) penggunaan diksi hiponim sebanyak 22 temuan; (5) penggunaan diksi antonim sebanyak 6 temuan. Kata Kunci: analisis, penggunaan diksi, dan teks biografi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 10 Dec 2020 04:38 |
Last Modified: | 10 Dec 2020 04:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50119 |
Actions (login required)
View Item |