ANALISIS INFORMASI PADA LEGENDA “MISTERI TELAGA WARNA” KARYA EEM SUHAEMI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP

ELZALITA MARAYA, 165030068 (2020) ANALISIS INFORMASI PADA LEGENDA “MISTERI TELAGA WARNA” KARYA EEM SUHAEMI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER ELZALITA.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK - ELZALITA.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT - ELZALITA.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - ELZALITA.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II - ELZALITA.pdf

Download (895kB) | Preview
[img] Text
BAB III - ELZALITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] Text
BAB IV - ELZALITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V - ELZALITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA - ELZALITA.pdf

Download (434kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan membaca generasi muda di Indonesia masih sangat rendah. Rendahnya kemampuan membaca generasi muda di Indonesia, sejalan dengan masalah bahan bacaan yang dibacanya. Mereka terbiasa membaca bahan bacaan produk luar negeri, sehingga menyebabkan minimnya pengetahuan budayanya sendiri. Hal tersebut dapat diatasi dengan mengenalkan generasi muda di Indonesia pada produk sastra dalam negeri, yaitu teks legenda. Teks tersebut dapat dikenalkan melalui alternatif bahan ajar yang dibuat pendidik. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk melakukan suatu penelitian yang berjudul “Analisis Informasi pada Legenda “Misteri Telaga Warna” Karya Eem Suhaemi sebagai Alternatif Bahan Ajar pada Peserta Didik Kelas VII SMP”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis informasi-informasi yang terdapat dalam teks legenda tersebut dan mengetahui kebermanfaatan teks tersebut sebagai alternatif bahan ajar pada peserta didik kelas VII SMP. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil data dalam metode penelitian ini disajikan bukan berupa angka atau nilai, melainkan disajikan secara naratif atau berupa deskriptif. Sumber penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder dengan menggunakan teks legenda Misteri Telaga Warna karya Eem Suhaemi, yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui telaah pustaka, dokumentasi, dan analisis. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) informasi yang terdapat dalam teks legenda Misteri Telaga Warna karya Eem Suhaemi adalah ciri-ciri, struktur, dan jenis legenda. Dari kesepuluh ciri-ciri teks legenda, delapan diantaranya terdapat dalam teks tersebut. Sedangkan dari dua belas struktur legenda, sepuluh diantaranya terdapat dalam teks ini. Kemudian dari keempat jenis teks legenda, yaitu legenda keagamaan, legenda alam gaib, legenda perseorangan, dan legenda setempat, teks Mister Telaga Warna karya Eem Suhaemi ini termasuk pada teks legenda setempat. (2) teks legenda Misteri Telaga Warna karya Eem Suhaemi yang telah dianalisis oleh peneliti, dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan ajar peserta didik kelas VII SMP/MTS. Hal itu karena nilai yang diperoleh adalah 84,75 untuk nilai aspek penilaian isi. Kemudian aspek penilaian penyajian adalah 83 dan aspek penilaian bahasa adalah 83,5. Semua nilai itu kriterianya baik atau layak digunakan. Kata Kunci: Analisis, teks legenda, bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 10 Dec 2020 04:30
Last Modified: 10 Dec 2020 04:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50118

Actions (login required)

View Item View Item