STRATEGI REGENERASI KEPEMIMPINAN BISNIS KELUARGA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEBERLANJUTAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN TEKSTIL DAN GARMEN MILIK KELUARGA DI BANDUNG RAYA) LEADERSHIP SUCCSESSION STRATEGY OF FAMILY OWNED BUSINNES IN THE EFFORT TO IMPROVE COMPANY SUSTAINABILITY (CASE STUDY ON TEXTILE AND GARMENT FAMILY OWNED COMPANY IN BANDUNG RAYA)

Sujanto Gondowidjojo, NPM. 149010007 and Promotor: Prof. Dr. Ir. H. Iman Sudirman, DEA Co-Promotor: Dr. H (2020) STRATEGI REGENERASI KEPEMIMPINAN BISNIS KELUARGA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEBERLANJUTAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN TEKSTIL DAN GARMEN MILIK KELUARGA DI BANDUNG RAYA) LEADERSHIP SUCCSESSION STRATEGY OF FAMILY OWNED BUSINNES IN THE EFFORT TO IMPROVE COMPANY SUSTAINABILITY (CASE STUDY ON TEXTILE AND GARMENT FAMILY OWNED COMPANY IN BANDUNG RAYA). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
2. Artikel Sujanto Gondowidjojo - Copy.docx

Download (63kB)

Abstract

Didasarkan pada fenomena bahwa tidak semua bisnis keluarga mampu bertumbuh dan berkelanjutan hingga beberapa generasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi regenerasi kepemimpinan bisnis keluarga di bidang industri tekstil dan garmen serta menjaga eksistensinya di dalam pengelolaan perusahaan.l. Menggunakan metode kualitatif dengan responden tiga perusahaan keluarga yang telah melakukan proses regenerasi berkedudukan di Bandung Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan suksesi dipandang penting oleh pendahulu. Pendahulu memiliki rencana suksesi walaupun tidak tertulis. Penerus tidak mutlak harus anak lelaki, masalah gender kini tidak menjadi hal yang menentukan untuk menjadi penerus. Penerus terbukti mampu mengelola bisnis keluarga bertumbuh dengan menerapkan manajemen modern dan profesional sehingga peran karyawan non keluarga semakin optimal. Beberapa kendala yang akan dihadapi dalam proses suksesi kepemimpinan bisnis keluarga adalah perbedaan cara berpikir dan persepsi antar generasi yang memunculkan gangguan dalam hal kompetensi dan produktifitas karyawan, struktur organisasi, sistem informasi manajemen, masalah UMR, dan rencana suksesi karyawan. Beberapa kendala tersebut perlu diselesaikan supaya tidak mengakibatkan masalah di masa mendatang. Strategi regenerasi kepemimpinan pada ketiga perusahaan dengan memelihara nilai dan budaya perusahaan yang berdasarkan pada nilai-nilai konfusius, dilaksanakan, mampu mendukung keberlanjutan bisnis keluarga sehingga masih relevan hingga kini. Tidak ada standar waktu untuk proses regenerasi kepemimpinan karena dipengaruhi oleh kompleksitas proses bisnis serta apakah industri tersebut intensif modal ataukah intensif tenaga kerja. Kata Kunci: Pendidikan Tinggi, Strategi, Mutu, Daya Saing, Keunggulan Bersaing Berkelanjutan

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 08 Dec 2020 02:29
Last Modified: 08 Dec 2020 02:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50114

Actions (login required)

View Item View Item