PEMBANGUNAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF POLA PIKIR KOMPUTASI (PATTERN RECOGNITION) UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR

Muhammad Irvan Ma’ruf, mhs and Ayi Purbasari, DS and Mellia Liyanthy, Ds (2020) PEMBANGUNAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF POLA PIKIR KOMPUTASI (PATTERN RECOGNITION) UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
M.Irvan.M_153040022_IF.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Computational Thinking (CT) merupakan sebuah pendekatan dalam proses pembelajaran dalan berperan penting dalam pengembangan aplikasi komputer serta dapat digunakan untuk pendukung pemecahan masalah disemua disiplin ilmu. Di dalam Computational Thinking (CT) terdapat 4 kemampuan yang salah satunya adalah Pattern Recognition. Pattern Recognition adalah kemampuan untuk melihat persaman atau perbedaan umum yang akan membantu untuk membuat prediksi atau menuntun kita untuk menemukan cara pintas. Pattern Recognition merupakan dasar untuk pemecahan masalah dan juga perancangan algoritma. Pembuatan aplikasi dilakukan dengan menggunakan metodelogi MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang mempunyai tahapan seperti concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Tahapan concept dilakukan untuk mengidentifikasi perkiraan kebutuhan. Tahapan design dilakukan untuk pembuatan desain visual tampilan antarmuka, storyboard, dan struktur navigasi. Tahapan material collecting dilakukan untuk pengumpulan bahan seperti gambar, animasi, audio, dan video. Tahap assembly dilakukan untuk pembuatan ilustrasi, audio, dan video, serta pemrograman. Tahap testing dilakukan untuk memastikan apakah hasilnya sesuai dengan tahap design. Tahap distribution dilakukan untuk membuat master file, pedoman penggunaan aplikasi, serta dokumentasi sistem. Penelitian ini menghasilkan model media pembelajaran interaktif bagi siswa Sekolah Dasar (SD) maupun bagi pengguna yang tertarik mendalami dunia pemrograman dan informatika. Media pembelajaran interaktif berbasiskan multimedia yang berlandaskan permasalahan yang merupakan pendekatan yang sangat efektif dan efisien untuk membantu penyampaian materi Comptational Thinking khususnya Pattern Recognition dan untuk membantu siswa dalam memahami pola pikir secara meluas. Kata Kunci : Pendidikan, Computational Thinking, Pattern Recognition, Multimedia Development Life Cycle, Pembelajaran Interaktif,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 27 Nov 2020 07:16
Last Modified: 27 Nov 2020 07:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50094

Actions (login required)

View Item View Item