PERENCANAAN ULANG TATA LETAK FASILITAS LAB UNTUK KEGIATAN PRAKTIKUM PERANCANGAN SISTEM INDUSTRI 1 (STUDI KASUS: DI PRODI TEKNIK INDUSTRI)

MUHAMMAD ALDY PRIANATA, mhs and Dedeh Kurniasih, DS (2020) PERENCANAAN ULANG TATA LETAK FASILITAS LAB UNTUK KEGIATAN PRAKTIKUM PERANCANGAN SISTEM INDUSTRI 1 (STUDI KASUS: DI PRODI TEKNIK INDUSTRI). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
aldy prianata_1410134_Teknik industri.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Perencanaan ulang tata letak fasilitas adalah proses merencanakan kembali tata letak untuk melakukan kegiatan produksi ataupun pelayanan karena adanya perubahan struktur kerja ataupun kegiatan sesuai dengan perubahan yang terjadi agar didapat proses kerja yang efisien bertujuan untuk meminimalisasi perpindahan barang maupun orang serta memaksimalkan luas lantai. Agar tercapainya tujuan tersebut dilakukan perencanaan berutur berdasarkan proses kerja yang akan dilakukan karena merupakan langkah vital yang akan berdampak secara keseluruhan perusahaan. Universitas Pasundan merupakan intansi swasta yang didirikan oleh paguyuban pasundan yang bergerak dibidang jasa pendidikan. Dalam hal ini yang akan dibahas adalah proses praktikum Perancangan Sistem Industri 1 yang dilakukan oleh jurusan Teknik Industri. Permasalahan yang terjadi adalah belum adanya tata letak paten dan membutuhkan waktu yang lebih dari jumlah kegiatan yang dilakukan menjadi tidak relevan dalam melakukan kegiatan tersebut karena perubahan modul setiap tahun. Hal ini mengakibatkan tata letak yang harus disesuaikan sebagaimana mestinya untuk menjalankan kegiatan tersebut. Maka dari itu, instansi tersebut harus melakukan perencanaan untuk merancang ulang tata letak fasilitas sebagai saran penunjang kegiatan praktikum tersebut. Dalam melakukan perancangan ulang tata letak fasilitas, hal yang paling dasar adalah mengurutkan kegiatan praktikum dengan peta Aliran proses dan dihitung ongkos penanganan material. Dalam penelitian ini objek kajian yakni Laboratorium PSI 1 periode 2018-2019 untuk kegiatan praktikum dari jurusan Teknik Industri Universitas Pasundan, belum memiliki layout yang permanen sesuai dengan modul yang diberikan kepada praktikan sehingga membutuhkan waktu dan proses yang lebih banyak. Untuk menyelesaikan masalah diatas dibutuhkan perubahan layout dengan metoda Ongkos Material Handling, dengan mengidentifikasi seluruh kegiatan dengan tabel FPC lalu diperbaiki sesuai kebutuhan shinggan menghasilkan FPC revisi yang lebih efisien menjadi 10 kegiatan praktium dengan waktu yang relevan yakni 10 minggu dengan mengurangi perpindahan menjadi 40 perpindahan. Dengan demikian sangat diperlukan perubahan layout dikarenakan juga kebutuhan penambahan area untuk menunjang kegiatan yang lebih efesien. Kata Kunci : Perencangan Tata letak fasilitas, Peta Aliran Proses, Ongkos Penangan Material, Praktikum Perancangan Sistem Industri 1

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:40
Last Modified: 25 Nov 2020 04:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50087

Actions (login required)

View Item View Item