UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN OPEN – ENDED BERDASARKAN GENDER

Sugiyana, NPM : 178060050 (2020) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN OPEN – ENDED BERDASARKAN GENDER. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
ARTIKEL TESIS SUGIYANA 178060050.docx

Download (527kB)

Abstract

Sugiyana. (2020). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN OPEN – ENDED BERDASARKAN GENDER Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah dan mendeskripsikan apakah Pendekatan Open – ended dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan penalaran matematis siswa SMK berdasarkan gender. Penelitian ini merupakan penelitian bentuk tindakan kelas PTK yang merupakan metode penelitian mengkombinasikan penggunaan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara simultan/bersama-sama (atau sebaliknya), tetapi bobot metodenya berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK.kes Bhakti Kencana siswa kelas X yaitu X-1Keperawatan sebagai kelas Eksperimen dan X-3Farmasi kelas kontrol yang berdasarkan gender. Instrumen yang digunakan kemampuan penalaran, untuk motivasi belajar menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukan 1).a.Pembelajaran matematika menggunakan pendekatan open ended dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa perempuan cenderung lebih besar motivasinya dibandingkan siswa laki-laki ; b. Melalui pembelajaran matematika menggunakan pendekatan open - ended dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Kemampuan penalaran matematis siswa perempuan lebih baik dibandingkan siswa laki-laki. 2) Penalaran matematis siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan Open - ended lebih baik dari pada siswa dengan pembelajaran konvensional. Siswa mampu berpikir secara logis dan analis. Berpikir secara logis, siswa mampu memecahkan masalah soal matematika menggunakan logika tanpa menggunakan rumus dan berpikir secara analis siswa mampu memecahkan masalah soal matematika menggunkan rumus secara terstruktur serta mampu mengemukakan pendapat di hadapan teman-temannya dalam pembelajaran matematika secara aktif. 3) Motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan Open-Ended lebih baik dibandingkan dengan kelas yang konvensional. Siswa mempunyai hasrat ingin berhasil, pembelajaran menjadi fokus, menikmati suasana pembelajaran, sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan baik, meskipun perubahannya bertahap. Proses untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pendekatan open - ended berhasil meningkat dibuktikan dengan siswa yang mempunyai keinginan untuk berhasil dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan pembelajaran konevensional yang motivasi belajarnya kurang. 4) a. Terdapat hubungan antara motivasi siswa dan kemampuan penalaran siswa di kelas menggunakan pendekatan open - ended. Semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin tinggi kemampuan penalaran matematis siswa ; b.Tidak terdapat hubungan antara motivasi siswa dan kemampuan penalaran siswa di kelas konvensional. Semakin tinggi motivasi belajar siswa, semakin rendah kemampuan penalaran matematis siswa. Kata Kunci : Motivasi, Kemampuan Penalaran Matematis, Pendekatan Open – Ended dan Gender

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:25
Last Modified: 25 Nov 2020 02:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50085

Actions (login required)

View Item View Item