PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL BERORIENTASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Tema Konsep Manajemen Kelas X IPS di SMAS YPKKP BANDUNG)

SITA MARSELIA, 145020002 (2020) PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL BERORIENTASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Tema Konsep Manajemen Kelas X IPS di SMAS YPKKP BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (99kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) Bagaimana penerapan media pembelajaran audiovisual pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS SMAS YPKKP BANDUNG (ii) Bagaimana hasil belajar siswa kelas X IPS YPKKP BANDUNG (iii) Adakah pengaruh media pembelajaran audiovisual berorientasi lembar kerja peserta didik terhadap hasil belajar kelas X IPS SMAS YPKKP BANDUNG. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, dengan sampel berjumlah 22 siswa. Untuk mencari pengaruh, analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian sebagai berikut : (i) Pelaksaanaan dan penerapan media pembelajaran audio-visual berorientasi lembar kerja peserta didik pada kelas X IPS telah dilakukan dengan baik. Hal ini berdasarkan hasil olah data yang menunjukkan tiga item dengan skor tertinggi yaitu item ke-enam, kesebelas dan keduabelas. (ii) Hasil belajar siswa kelas X IPS menunjukan hasil yang baik. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan hasil ulangan harian siswa dengan hasil ulangan tengah semester siswa yang mengalami kenaikan walaupun masih ada beberapa orang yang berada dibawah ketuntasan belajar. (iii) Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan terdapat pengaruh media pembelajaran audio-visual berorientasi lembar kerja peserta didik terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMAS YPKKP BANDUNG tahun pelajaran 2019/2020. Dengan nilai R2 sebesar adalah 0,322 yang dapat ditafsirkan bahwa media pembelajaran audio-visual berorientasi lembar kerja peserta didik memiliki kontribusi sebesar 32,2% terhadap hasil belajar siswa. Sebagai akhir penelitian ini, penulis memberikan saran kepada pihak-pihak terkait yakni : (i) Bagi guru, diharapkan pembelajaran menggunakan media audio-visual berorientasi lembar kerja peserta didik dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran, karena berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual. (ii) Bagi sekolah, diharapkan dapat dijadikan sumber informasi terutama dalam meningkatkan hasil belajar siswa sebagai bahan masukan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui perbaikan proses pembelajaran. (iii) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengaplikasikan pembelajaran menggunakan media audio-visual yang berorientasi lembar kerja peserta didik dengan lebih baik lagi. Kata Kunci : Media Pembelajaran Audio-visual, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 21 Nov 2020 03:46
Last Modified: 21 Nov 2020 03:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50062

Actions (login required)

View Item View Item