PENGEMBANGAN METODE HEURISTIK DALAM PENYELESAIAN VEHICLE ROUTING PROBLEM PICK-UP AND DELIVERY WITH TIME WINDOWS (VRPPD-TW)

Septian Kameswara Sumarta, mhs and Tjutju Tarliah.D, DS (2020) PENGEMBANGAN METODE HEURISTIK DALAM PENYELESAIAN VEHICLE ROUTING PROBLEM PICK-UP AND DELIVERY WITH TIME WINDOWS (VRPPD-TW). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Septian kameswara_153010065_Teknik Industri.pdf

Download (590kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Transportasi dan distribusi merupakan dua bagian yang sangat memiliki pengaruh terhadap keunggulan daya saing perusahaan dalam proses bisnis yang dijalankan, proses distribusi dan transportasi yang berjalan dengan efektif dan efisien, akan menyebabkan terjadinya penurunan biaya transportasi yang dapat meningkatkan keuntungan bagi perusahaan secara tidak langsung. Salah satu permasalahan transportasi yang ada adalah menentukan rute kendaraan dalam mendistribusikan barang, yang dikenal sebagai Vehicle Routing Problem (VRP). Pada penelitian ini dibahas sebuah model dari permasalahan rute kendaraan, dimana dalam proses pendistribusiannya dilakukan dengan menggabungkan aktifitas pengiriman dengan pengambilan produk sekaligus (VRPPD), serta mempertimbangkan pemberlakuan batasan waktu dalam pendsitribusian produk oleh sebuah kendaraan, baik batasan waktu keberangkatan dari dan kembali ke depot, maupun batasan awal dan akhir pelayanan yang ditentukan di masingmasing titik tujuan untuk sebuah kendaraan (VRPTW), persoalan ini dikenal dengan Vehicle Routing Problem Pick-Up and Delivery with Time Windows (VRPPD-TW). Model yang digunakan merupakan pengembangan dari model dasar VRPTW dan model dasar VRPPD. Proses penyelesaian persoalan VRPPD-TW menggunakan pendekatan heuristik, yaitu dengan metode insertion heuristic yang diperkenalkan oleh Solomon (1987), dalam menyelesaikan persoalan VRPPD-TW dilakukan dengan mengkombinasikan pendekatan heuristik untuk VRPTW dan untuk VRPPD. Dimana dalam metode insertion heutristic solusi kriteria jarak dan waktu akan dipengaruhi oleh nilai parameter μ, α1, α2, dan λ , oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan 125 kali perhitungan dengan perubahan nilai parameter sebanyak 5 kali dari setiap parameternya. Diperoleh beberapa solusi dari persoalan VRPPD-TW dengan menggunakan insertion heuristic, dan ditunjukan nilai parameter terbaik yang direkomendasikan untuk menyelesaikan persoalan VRPPD-TW. Dari perhitungan yang dilakukan, didapatkan hasil dengan jarak terpendek adalah 85.2 km dan jarak terpanjang adalah 113.2 km. Pada penelitian ini ditunjukan bahwa setiap parameter memiliki pengaruh terhadap solusi yang dihasilkan, akan tetapi parameter λ memiliki pengaruh yang cukup signifikan dibanding parameter lainnya terhadap perubahan jarak dari persoalan VRPPD-TW dengan menggunakan metode insertion heuristic. Kata Kunci: Vehicle Routing Problem, Pick-Up And Delivery, Heuristik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 19 Nov 2020 06:11
Last Modified: 19 Nov 2020 06:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50057

Actions (login required)

View Item View Item