REVI TITIS RINI, 165030029 (2020) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA BIDANG MORFOLOGI DARI HASIL KARANGAN CERPEN PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PASUNDAN 2 BANDUNG 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
lembar-pengesahan .pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (305kB) | Preview |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (132kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Kesalahan berbahasa pada bidang morfologi dari hasil karangan cerpen peserta didik kelas VII SMP pasundan 2 bandung 2019/2020”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek kesalahan berbahasa pada bidang morfologi dalam karangan cerpen peserta didik kelas VII SMP dan mendeskripsikan penyebab kesalahan berbahasa pada bidang morfologi dalam karangan cerpen peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi pustaka dan observasi. Tahapan yang dilakukan dalam analisis data yaitu pemilihan data dengan melakukan penandaan kesalahan berbahasa tataran morfologi, mengelompokkan kesalahan berbahasa tataran morfologi dari berbagai aspeknya, pemberian nomor data pada kartu data, menyajikan analisis data yang telah dikelompokkan ke dalam bentuk deskripsi, membahas hasil analisis data berdasarkan rumusan masalah, dan membuat laporan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 aspek kesalahan berbahasa pada tataran morfologi, yaitu kesalahan derivasi yang mencakup tataran afiksasi, reduplikasi, dan tataran komposisi, kesalahan diksi, kesalahan pleonasme dan kesalahan kontaminasi. Kesalahan tersebut didominasi oleh kesalahan berbahasa pada tataran derivasi sebanyak 123 kesalahan, yang terdiri dari 74 kesalahan afiksasi, 28 kesalahan reduplikasi, 21 kesalahan komposisi, selanjutnya 61 kesalahan diksi, 30 kesalahan pleonasme, 6 kesalahan kontaminasi bahasa. Penyebab kesalahan berbahasa yang dilakukan peserta didik yaitu peserta didik masih ragu dalam membedakan afiksasi dan preposisi, masih kurang paham dalam pemilihan tanda hubung untuk konteks tertentu, masih banyak kesalahan pada kata yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan Indonesia yang baik dan benar, ketidak bakuan kata dan kurang dalam pemilihan kosa kata, sehingga kata-kata yang dipilih tidak sesuai dengan konteksnya. Kata kunci : Analisis, Menulis, Cerpen dan Morfologi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 18 Nov 2020 07:19 |
Last Modified: | 18 Nov 2020 07:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50041 |
Actions (login required)
View Item |