ASEP NURHIDAYAT, 165060072 (2020) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN CIGALEUH 1. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
165060072-COVER SKRIPSI.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
165060072-Abstrak Indonesia.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
165060072-Abstrak Inggris.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
165060072-Abstrak Sunda.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
165060072-BAB I.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
165060072-BAB II.pdf Download (156kB) | Preview |
|
Text
165060072-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
Text
165060072-BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
Text
165060072-BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
|
Text
165060072-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Gaya kepemimpinan guru yang teladan dapat mendorong peserta didik untuk meningkatkan motivasi dalam belajar dan menentukan keberhasilan dalam proses pembelajaran. Gaya kepemimpinan guru terhadap motivasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya komunikasi, lingkungan sekitar, dan pengelolaan kelas yang belum optimal. Motivasi belajar merupakan suatu acuan yang menandakan bahwa kegiatan pembelajaran merupakan suatu tujuan implementasi dari hasil yang diharapkan, sehingga diluar implementasi tersebut terdapat faktor yang mempengaruhi yaitu kegiatan pembelajaran kurang bersemangat, kurangnya perhatian dan faktor teman yang kurang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari gaya kepemimpinan guru terhadap motivasi belajar peserta didik di SDN Cigaleuh 1 Kecamatan lemahsugih Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan metode survey, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket dengan menggunakan skala likert dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini berjumlah 79 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 66 peserta didik. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa adanya pengaruh gaya kepemimpinan guru terhadap motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan nilai Fhitung = 8.023 dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 memiliki nilai lebih kecil ( < ) dari nilai 0,05, dengan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,98 yang bermuatan positif sehingga gaya kepemimpinan guru mempengaruhi motivasi belajar peserta didik sebesar 11,1%. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Guru, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 14 Nov 2020 02:09 |
Last Modified: | 14 Nov 2020 02:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49998 |
Actions (login required)
View Item |