ANALISIS STRUKTUR BERORIENTASI PADA ARGUMENTASI DAN FAKTA DALAM TEKS PERSUASI DI SURAT KABAR PIKIRAN RAKYAT EDISI MARET 2020 SEBAGAI ALTERNATIF PEMILIHAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP

RADEN RENATA INDRA SAVIERA, 165030044 (2020) ANALISIS STRUKTUR BERORIENTASI PADA ARGUMENTASI DAN FAKTA DALAM TEKS PERSUASI DI SURAT KABAR PIKIRAN RAKYAT EDISI MARET 2020 SEBAGAI ALTERNATIF PEMILIHAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAC.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Teks persuasi merupakan salah satu jenis teks yang ada di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP. Penelitian ini akan menganalisis tentang struktur berorientasi pada argumentasi dan fakta dalam teks persuasi yang ada dalam surat kabar Pikiran Rakyat edisi Maret 2020. Kemudian setelah proses analisis dilakukan maka data dari hasil analisis tersebut akan dijadikan sebagai alternatif pemilihan bahan ajar bahasa Indonesia di kelas VIII. Berdasarkan hal tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan suatu penelitian dengan judul berikut “Analisis Struktur Berorientasi Pada Argumentasi dan Fakta dalam Teks Persuasi di Surat Kabar Pikiran Rakyat Edisi Maret 2020 sebagai Alternatif Pemilihan Bahan Ajar di Kelas VIII SMP” yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis ketepatan struktur berorientasi pada argumentasi dan fakta dalam teks persuasi di surat kabar Pikiran Rakyat edisi Maret 2020 dan kesesuaian hasil analisis struktur berorientasi pada argumentasi dan fakta dalam teks persuasi di surat kabar Pikiran Rakyat dengan bahan ajar dan tuntutan Kurikulum. Setelah modul bahan ajarnya dibuat kemudian dilakukan validasi guna menentukan layak atau tidak layaknya digunkan sebagai bahan ajar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang meliputi dokumentasi, studi pustaka, dan analisis. Hasil analisis penulis pada struktur berorientasi pada argumentasi dan fakta dalam teks persuasi di surat kabar Pikiran Rakyat edisi Maret 2020 diperoleh hasil struktur pengenalan isu memperoleh persentase 100%, struktur rangkaian argumen memperoleh persentase 100%, struktur pernyataan ajakan memperoleh persentase 94,1%, dan struktur penegasan kembali memperoleh persentase 88,2%. Berdasarkan hasil tersebut, maka teks persuasi yang ada di surat kabar Pikiran Rakyat layak untuk dijadikan sebagai alternatif pemilihan bahan ajar, karena di dalamnya sudah memmuat KI, KD, materi/isi, bahasa, dan perkembangan psikologis, Hasil tersebut diperoleh dari validator yang memberi penilaian ratarata 80 dari kedua validator, maka bahan ajar tersebut mendapatkan kriteria baik/layak untuk dijadikan sebagai alternatif pemilihan bahan ajar bahasa Indonesia kelas VIII. Kata Kunci: Analisis, teks persuasi, surat kabar, bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 12 Nov 2020 08:01
Last Modified: 12 Nov 2020 08:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49984

Actions (login required)

View Item View Item