Pengembangan Bahan Ajar Barisan dan Deret Berbasis Mobile Learning Berbantuan Microsoft Kaizala Berorientasi Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Efficacy Siswa

Susilawati, NPM : 188060058 (2020) Pengembangan Bahan Ajar Barisan dan Deret Berbasis Mobile Learning Berbantuan Microsoft Kaizala Berorientasi Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Efficacy Siswa. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Susilalwati.docx

Download (67kB)

Abstract

Penelitian pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk ; (1) Mengembangkan bahan ajar barisan dan deret berbasis mobile learning berbantuan Microsoft Kaizala yang efektif digunakan untuk siswa kelas XI, (2) Menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa setelah menggunakan bahan ajar barisan dan deret berbasis mobile learning berbantuan Microsoft Kaizala, (3) Menganalisis self efficacy siswa setelah menggunaan bahan ajar barisan dan deret berbasis mobile learning berbantuan Microsoft Kaizala, (4) Menganalisis korelasi antara berpikir kreatif dengan self efficacy. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), impelemantasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilakukan pada 32 siswa kelas XI IPA 5 di SMA Negeri 1 Dukupuntang. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket ahli materi, angket ahli media, angket respon siswa dan posttest. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini yaitu : 1) Bahan ajar barisan dan deret berbasis mobile learning berbantuan Microsoft Kaizala yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran dengan ketuntasan klasikal sebesar 84,37%, 2) Kemampuan berpikir kreatif siswa termasuk dalam kriteria sedang atau cukup kreatif dengan indikator tertinggi yaitu kelancaran (Fluency) dan terendah yaitu indikator elaborasi (elaboration), 3) Self efficacy siswa termasuk dalam kriteria sedang. Kriteria self efficacy siswa memiliki kriteria positif dengan rata-rata hitung yaitu 3,06 untuk dimensi magnitude, strength, maupun generality, 4) Tidak terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy. Kata Kunci : mobile learning, microsoft kaizala, berpikir kreatif, self efficacy

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 11 Nov 2020 04:14
Last Modified: 11 Nov 2020 04:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49962

Actions (login required)

View Item View Item