Bagus Heryanto, 165060054 (2020) ANALISIS PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Kepustakaan Pada Peserta Didik Sekolah Dasar). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
165060054_COVER.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
165060054_ABSTRAK B. INDONESIA.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
165060054_ABSTRAK B. INGGRIS.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
165060054_ABSTRAK B. SUNDA .pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
165060054_BAB I.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
165060054_BAB II.pdf Download (258kB) | Preview |
|
Text
165060054_BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
||
Text
165060054_BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
||
Text
165060054_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
165060054_DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (246kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik disekolah dasar dengan penerapan model discovery learning. Penelitian ini didasari oleh temuan pada saat observasi terlihat bahwa terdapat kurangnya kemampuan berpikir kritis peserta didik karena interaksi dan pemilihan model pembelajaran pada saat proses pembelajaran dirasa kurang tepat. Metode penelitian yang digunakan pada model discovery learning ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan studi literatur. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari Editing, Organizing dan Finding. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode deduktif serta induktif. Dari hasil analisis oleh beberapa peneliti ditemukan hasil bahwa implementasi model discovery learning pembelajaran masih berpusat pada pendidik, bergeser menjadi berpusat pada peserta didik. Penerapan model discovery learning sangat membantu pendidik dalam mengembangkan kreativitas saat penyampaian materi. Penerapan model discovery learning juga sangat berdampak pada kemampuan berpikir kritis peserta didik, sehingga dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Dengan begitu model discovery learnig sangat berhubungan dan baik diterapkan untuk melihat sejauh mana kemampuan berpikir peserta didik di sekolah dasar. Terlihat dari peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada saat dilakukannya tindakan ketika kegiatan pembelajaran. Model discovery learning merupakan model yang mengolah suatu penemuan yang belum diketahui peserta didik menjadi suatu hasil temuan sehingga apa yang dilakukannya dapat mudah diingat karena peserta didik yang menemukan penemuan tersebut dan mengolah sendiri hasil temuannya Model discovery learning memberikan pengaruh serta dampak yang sangat baik untuk perkambangan kemampuan berpikir kritis peserta didik di sekolah dasar. Melalui penerapan model discovery learning kemampuan berpikir kritis peserta didik menjadi lebih meningkat itu karena model discovery learning memberikan suatu latihan mental serta melatih peserta didik untuk belajar mengembangkan sendiri kemampuannya. Kata kunci: Discovery Learning, Kemampuan berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:04 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49950 |
Actions (login required)
View Item |